Friday, January 29, 2016

Makanan Untuk Kesuburan

Makanan untuk kesuburan sangat penting diketahui oleh pasangan suami istri yang sangat ingin memiliki keturunan. Untuk memiliki keturunan tidak hanya pola hidup sehat yang diperkukan. Namun, berat badan serta asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita juga harus diperhatikan. Membatasi konsumsi  makanan padat kalori terutama karbohidrat dan lemak, serta mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk menyuburkan adalah langkah awal untuk mengupayakan kehamilan. Beberapa makanan yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi reproduksi antara lain:
makanan untuk kesuburan pria wanita


Makanan yang mengandung vitamin E

Vitamin ini dapan berperan dalam menjaga kesehatan dinding rahim dan placenta, sehingga dapat mencegah keguguran. Vitamin E banyak terdapat pada gandum, padi-padian dan kecambah.


Makanan yang mengandung vitamin D

Vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Dianjurkan untuk mengkonsumsinya sebanyak 4000 IU setiap hari. Vitamin D banyak terdapat pada sinar matahari, telur, minyak ikan, mentega, susu, ikan tuna.

Vitamin B6

Vitamin ini bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron pada wanita. Vitamin ini banyak terdapat pada ikan, hati, beras merah, kacang tanah dan pisang.

Vitamin C

Vitamin ini banyak mengandung antioksidan yang berperan melindungi sel-sel organ tubuh dari radikal bebas. Vitamin C banyak terdapat pada strawberry, mangga, jerukm brokoli, cabe, tomat.

Asam Folat

Asam folat sebaiknya dikonsumsi sedikitnya 3 bulan sebelum hamil sebanyak 0, 4 mg setiap hari. Asam folat bermanfaat utunk membantu mencegah bayi cacat lahir seperti spina bifida. Sumber utama asam folat terdapat pada sayuran hijau dan hati.

Kemangi

Kemangi mengandung bahan aktif arginine yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan hidup sperma. Sperma yang memiliki daya tahan hidup lebih bagus dan sangat diperlukan untuk proses pembuahan sel telur. Selain itu, kemangi juga mengandung boron yang beraroma wangi dan berperan  merangsang hormon estrogen dan membantu menghilangkan bau badan dan bau mulut.

Daun Katuk

Kandungan fitokimia dalam daun katuk sangat bermanfaat untuk meningkatkan mutu jumlah sperma serta dapat membangkitkan vitalitas pria. Selain itu dapat digunakan oleh para ibu untuk memperlancar produksi ASI.



Kacang Hijau dan Kecambah

Kacang hijau banyak mengandung vitamin E yang dapat meningkatkan potensi kehamilan. Sedangkan kecambah banyak mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu nutrisi untuk mengatur hormone reproduksi. Kecambah juga dipercaya sebagai bahan pangan untuk menigkatkan kesuburan.

Semangka

Senyawa aktif yang terkandung dalam buah semangka adalah sitrulin. Sitrulin merupakan senyawa  pembangkit gairah yang keampuhannya hampir setara dengan Viagra. Senyawa kelompok asam amino ini dapat memicu produksi nitrit oksida yang berperan dalam peningkatan kemampuan seks pria. Selain itu sitrulin mudah diserap oleh tubuh dan mengalir dalam darah.

Alpukat

Alpukat banyak mengandung vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan produksi hormone pria dan mengandung potassium yang berfungsi mengatur hormone tiroid wanita.

Buah Kiwi

Kehamilan seorang wanita bisa dipicu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C berkadar tinggi. Kesuburan seorang istri yang ditunjang dengan suami yang sehat ditambah dengan kebiasaan memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi akan semakin membuka peluang terjadinya kehamilan yang pasti diidamkan semua pasangan suami istri. Buah kiwi terbukti mempunyai kadar vitamin C dua kali liat dari jeruk dan lima kali lipat lebih banyak dari apel. Unsur buah-buahan yang mengandung vitamin C kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil dengan mudah.
               
Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 8:05 PM