Monday, February 29, 2016

7 Cara Agar Tetap Sehat Saat UN


tips sehat saat ujina nasional
Cara Tetap Sehat Saat UN- Ujian Nasional sekarang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan sering menjadi trending topik saat ujian nasinal berlangsung. Banyak media yang membicarakan tentang ujian nasional. Bahkan ujian nasional pada sebelum tahun 2015 menjadi syarat kelulusan bagi siswa yang duduk di kelas 12 SMA dan 9 SMP. Tapi sekarang  ujian nasional hanya sebagai evaluasi kurikulum nasional dan pemetaan pemerataan kualitas pendidikan di indonesia. Meskipun tidak menjadi syarat kelulusan kita tetap ingin mendapat nilai yang bagus dan memuaskan, karena nila itu akan tertera di ijazah kita. Bagaimana jika nilai kita tidak memuaskan? sekarang kita di permudah kita  bisa mengulang di tahun selanjutnya. Tapi kita berharap jangan sampai mengulang di tahun selanjutnya, karena mengulang itu menghabiskan banyak materi, tenaga dan bahkan usia kita. Nilai ujian nasional yang tidak memuaskan disebabkan beberapa faktor  antara lain:

1.      Kecerdasan intelektual
Bagi siswa yang memiliki keterbatasan kecerdasan intelektual tentu akan mengalami kesulitan menghadapi soal-soal UN. Sekuat apapun mereka berusaha dan menyiapkan diri tetapi karena memang dasarnya kecerdasan mereka terbatas akan sulit mendapatkan nilai yang bagus.

2.      Faktor lingkungan
Lingkungan juga mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan siswa lulus ujian nasional. Lingkungan terdiri dari lingkungan belajar siswa di rumah atau di sekolah, lingkungan fisik tempat ujian berlangsung. Tentu jika pada saat ujian lingkungan di sekitar siswa terjadi kegaduhan akan mengurangi konsentrasi  siswa.

3.      Faktor kesehatan
Faktor kesehatan adalah faktor yang terpenting karena sangat mempengaruhi kondisi fisik siswa. Tidak bisa dipungkiri jika kondisi fisik siswa tidak fit atau sedang sakit atau bahkan stress akan sulit menyelesaikan soal-soal ujian nasional yang membutuhkan konsentrasi penuh. Sebagai contoh anak yang terkena penyakit diare, bisa jadi karena stress akan sulit berkonsentrasi secara penuh dan dapat menyelesaikan soal-soal dangan baik. Siswa yang dalam kondisi seperti ini bukanlah hal yang mustahil akan gagal dalam  ujian nasional. 

Dari faktor penyebab kegagalan ujian nasional  diatas faktor kesehatan yang menjadi hal terpenting dalam mengikuti ujian nasional. Disini saya akan memberikan tips  bagaimana cara agar tetap sehat saat ujian nasional sehingga teman-teman  sukses ujian nasional. Adapun tips-tipsnya sebagai berikut:

1.      Perbanyak beribadah
Mungkin sebagian orang sedikit  yang percaya bahwa dengan beribadah badan kita akan tetap sehat. Sebagai contoh umat islam melakukan ibadah puasa. Saat berpuasa terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa 1 dan penurunan LDL yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.  tidak di pungkiri juga dengan cara ibadah  agama yang lain.  Dengan mendekatkan diri kepada tuhan kita, kita akan diberi kesehatan serta kecerdasan sehingga kita dapat mengerjakan soal ujian nasional dengan benar.

2.      Jangan tidur terlalu malam
Jangan begadang saat mau UN

Tidur terlalu malam dapat menyebabkan beberapa gangguan pada jiwa kita. Terutama bagi temen-temen yang ingin melaksanakan ujian nasional seperti berkurangnya konsentrasi, menjadi pelupa, depresi dan menggangu kesehatan tubuh. Siklus tidur dapat menguatkan memori dalam piiran yang membantu seseorang dalam berkonsentrasi. Sehingga orang yang tidur terlalu malam akan terganggu konsentrasinya, penalarannya, kewaspadaannya, juga kemampuan menyelesaikan masalah. Konsentrasi sangat diperlukan saat ujian nasional. Sebuah study yang dilakukan di perancis dan  amerika menemukan bahwa sharp wave ripples atau peristiwa otak bertanggung jawab dalam menguatkan memori otak dan mentransper data yang ada di hipokampus menuju neokorteks yang ada diotak, dimana semua ketenangan jangka panjang tersimpan. Sharp wave ripples tersebut pada umumnya terjadi saat tidur, itulah sebabnya mereka yang sering tidur terlalu malam pada masa tertentu akan menjadi pelupa. Perasaan sedih, marah, stress dan mental lelah akan dialami mereka yang mengidap insomnia, mereka tidurnya  kurang dari 5 jam. Jadi bagi temen-temen yang ingin melaksanakan ujian nasional jangan tidur terlalu malam karena  tidur larut malam dapat memicu kegagalan dalam ujian nasional.

3.      Makan yang teratur
Makan yang teratur atau tepat waktu akan membangun kunci kedisiplinan  makan yang lebih konsisten. Makan yang teratur dapat mencegah tubuh dari ganguan penyakit.  jika pola makan kita tidak teratur maka pencernaan dalam tubuh kita tidak seimbang, sehingga dapat memicu terkena penyakit.

makan teratur sebelum UN

Berikut contoh jadwal makan yang teratur:
ketika kita bangun dari tidur kita minum segelas air putih, 15 menit kemudian kita minum susu tinggi kalsium rendah lemak. Sejam kemudian sarapan pagi dengan makanan yang kaya protein. Teman-teman bisa memilih menu ikan, roti, selai kacang atau selai keju, tambahkan putih telur 2 butir untuk dewasa dan 1 butir untuk anak-anak. Jam 10.00 kita makan  snack, snack yang dianjurkan makan kacang-kacangan karena mengandung energi. Setelah itu minum air mineral atau buah-buahan yang mengandung air. Jam 12.00 makan siang. Jam 14.00 makan makanan yang mengandung omega 3 karena dapat meningkatkan kinerja otak. Jam 16.00 makan cokelat atau es krim. Jam 19.30 waktu maksimal untuk makan malam. Jam 22.00 jika belum tidur minum secangkir teh herbal.
         
4.      Konsumsi makanan yang bergizi
Makanan yang bergizi adalah makanan yang di dalamnya mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Para ahli menganjurkan kita untuk memilih beberapa jenis makanan bergizi yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak.  Ada beberapa makanan yang dapat mendukung perkembangan usia pertumbuhan dan dapat memperbaiki fungsi, daya ingat, serta konsentrasi. Berikut contoh makanan yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak:
a.       ikan
ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung protein. Ikan yang disarankan adalah ikan laut seperti ikan salmon, tuna, sarden, lobster dan udang  yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi. Orang yang menyantap ikan yang mengandung omega 3 memiliki pikiran yang tajam dan mentatat hasil yang baik dalam tes dan kemampuan mental.
b.      Telur
Telur merupakan sumber protein. Kuning telur mengandung kolin yang berkhasiat membantu perkembangan otak. Biasakan makan telur saat sarapan dan makan malam.
c.       Sayuran hijau
Sayuran hijau sangat mudah di temukan di sekitar kita. Beberapa sayuran seperti bayam, bunga kol, dan brokoli diketahui mengandung omega 3 dengan kadar yang cukup tinggi. sayuran seperti tomat, wortel dan bayam atau labu adalah makanan yang kaya antioksidan.
d.      Susu dan yogurt
Produk susu yang didalamnya yogurt adalah makanan yang kaya protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan dalam pertumbuhan jaringan otak. Yogurt merupakan makanan yang semi padat sehingga lebih mudah di cerna dalam proses metabolism tubuh.
e.       Daging sapi bebas  lemak
Daging sapi bebas lemak adalah sumber zat besi yang dapat membantu anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak merupakan sumber zat besi yang baik karena mudah diserap oleh tubuh.
Jika temen-temen ingin melaksanakan ujian nasional maka makanlah makanan yang bergizi.  Dengan makanan yang bergizi dapat membantu menyelesaikan ujian nasional anda.

5.      Olahraga
Manfaat olahraga bagi kesehatan adalah mampu meningkatkan kebugaran dan energi tubuh. Olahraga secara teratur meskipun hanya 30 menit perhari akan mampu meningkatkan kebugaran tubuh secara berarti.  Memiliki kebugaran tubuh yang baik dapat membuat kita tidak mudah lelah serta berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama. Berolahraga juga dapat memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak yang dapat mengurangi risiko berbahaya seperti penyakit jantung, hipertensi , stroke, diabetes, osteoporosis dan penyakit ringan seperti flu dan batuk serta demam.

6.      Perbanyak minum air mineral/putih

banyak minum ari putih sebelum UN

Manfaat minum air putih/mineral dapat melancarkan pencernaan. Sehingga dengan banyak kita minum air putih dapat mencegah penyakit seperti sakit pinggang, sakit perut, serta sakit kepala.

7.      Minum vitamin
Bagi teman-teman yang memiliki sedikit uang silahkan beli vitamin untuk meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi belajar dan mengerjakan ujian nasional.

Untuk teman-teman yang ingin mengikuti ujian nasional persiapkan  kesehatannya, mental dan belajar yang giat. Semoga hasil ujian nasional nya memuaskan.

Ditulis Oleh: Tini Yagierra 29 Februari 2016
Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 6:31 AM

No comments: