Saturday, February 27, 2016

Cara Jitu Mengatasi Wajah Berminyak


 Mengatasi Wajah Berminyak, Wajah yang berminyak menjadi salah satu masalah yang umum dialami remaja dan orang dewasa, baik wanita maupun pria. Wajah yang berminyak jelas sangat menganggu. Kelebihan minyak pada kulit wajah atau wajah berminyak akan menyebabkan kurangnya percaya diri saat tampil di depan umum karena wajah akan terlihat kusam dan mengkilap. Wajah berminyak juga akan menangkap udara di sekitar dan mengendapkan debu dan polusi di wajah.

tips mengatasi wajah berminyak

Penyebab utama kulit wajah berminyak yaitu karena kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak dalam jumlah yang berlebih. Minyak wajah dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit pada wajah. Hanya saja bila produksi minyak di wajah berlebihan akan menyebabkan seseorang bermasalah dengan kulit wajahnya yang mana akan berpotensi memicu ganguan kulit seperti kulit kusam, komedo dan jerawat. Adapun faktor penyebab kulit wajah berminyak adalah sebagai berikut:

1.      Keturunan
Keturunan salah satu faktor penyebab kulit wajah berminyak. Orang tua sudah pasti mewariskan genetiknya. Tidak menutup kemungkinan orang tua yang memiliki produksi minyak berlebih dapat mewariskan kepada anaknya.
2.      Makanan yang berlemak
Kita tau bahwa makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik di konsumsi karena akan menyebabkan  penimbunan lemak dan menimbulkan penyakit. Masalah minyak berlebih adalah masalah ringan yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan berlemak lebih. Dengan mengkonsumsi makanan yang berlemak dapat menyebabkan kulit wajah berminyak.
3.      Hormon yang tidak seimbang
Minyak yang berlebih pada wajah merupakan salah satu tanda anda sudah mulai memasuki masa puberitas. Pada orang dewasa khususnya wanita akan memproduksi minyak yang banyak pada saat haid. Maka dari itu kegiatan yang kita lakukan sebaiknya di kontrol dengan baik. Asupan makanan yang seimbang dengan kegiatan yang kita lakukan akan mengurangi minyak yang keluar dari tubuh kita.
4.      Pemilihan komestik yang salah
Sebagian besar cewek menginjak remaja sudah mulai  berani memakai peralatan kosmetik untuk menunjang penampilannya dan itu tidak di permasalahkan. Tapi ada baiknya bagi remaja untuk tidak memakai alat-alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia. Hal itu dapat memproduksi minyak berlebih, iritasi dan membuat wajah lebih sensitive apabila wajah tidak bisa menerima bahan-bahan kimia tersebut. Lakukan percobaan pada bagian tangan sebelum memutuskan memakai salah satu merek kosmetik. Selain kosmetik juga, penggunaan alat kecantikan seperti bantal bedak atau sikat yang menggangu kelembapan kulit dapat memicu produksi minyak di wajah.
5.      Pergantian musim
Adanya perubahan musim berpengaruh pada peningkatan temperature dan kelembapan yang dapat memicu peningkatan produksi minyak di wajah berlebihan.
6.      Jarang mandi
Kebiasaan  buruk  yang sering dilakukan yaitu jarang mandi pagi juga dapat menyebabkan kulit wajah berminyak.

Perawatan kuit wajah berminyak  sangat diperlukan  agar wajah  tidak kusam dan berjerawat. Berikut adalah cara alami yang sangat efektif untuk merawat wajah yang berminyak.

1.      Air Daun sirih
Sirih merupakan tanaman yang merambat pada pohon lain. Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm.  Daun sirih dapat mengurangi minyak pada wajah karena daun sirih mengandung minyak atsiri yang dapat mematikan kuman, antioksidan, anti jamur dan dapat mengurangi produksi minyak pada wajah.
manfaat daun sirih menghilangkan wajah berminyak

Cara penggunaanya
Ambil lima buah daun sirih kemudian masukkan dalam wadah/baskom tambahkan segelas air lalu remas-remas daun sirih sampai ada perubahan warna pada air. Kemudian cuci muka menggunakan air  bersih lalu bilas dengan air daun sirih diamkan 2-3 menit lalu bersihkan dengan air biasa. Lakukan setiap pagi secara rutin selama seminggu maka minyak pada wajah anda akan berkurang.
2.      Air kelapa hijau
Kelapa merupakan salah satu tanaman yang mudah ditemui di Indonesia dan secara keseluruhan dari tanaman tersebut dapat dimanfaatkan. Air kelapa dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerut-merut wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, kulit wajah berminyak dan wajah menjadi nampak berseri.

manfaat air kelapa hijau untuk menghilangkan wajah berminyak

Cara penggunaan
Ambil satu buah kelapa hijau yang masih muda atau dogan juga boleh, kemudian ambil airnya. Lalu cuci muka dengan air bersih kemudian bilas dengan air kelapa diamkan selama 2-3 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap pagi secara rutin selama seminggu maka minyak di wajah anda akan berkurang.

3.      Masker Ubi kayu
Selama ini ubi kayu atau yang sering disebut dengan singkong hanya dibuat sebagai makanan atau cemilan. Namun siapa sangka ubi kayu bisa dijadikan sebagai masker ubi kayu yang bisa mengurangi produksi minyak di wajah. Bagaimana  cara penggunaan nya? Berikut cara pembuatan dan penggunaannya:
Ambil 10 cm ubi kayu. Kupas kulitnya kemudian parut ubi tersebut. Setelah itu bersihkan wajah dengan air kemudian tempelkan parutan ubi di wajah anda, diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan setiap hari secara rutin.
Atau gunakan cara yang kedua

masker singkong untuk wajah berminyak

Singkong/Ubi kayu di parut, setelah selesai di parut kemudian di peras dan ambil airnya, taruh di sebuah wadah kecil. kemudian tambahkan air lemon. Aduk sampai air ubi dan air lemon hingga menjadi satu dan tercampur secara merata, kemudian Ambil masker singkong yang telah di campur air lemon tadi kemudian oleskan ke bagian wajah. Diamkan hingga masker benar - benar kering. Kemudian bersihkan wajah anda dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan cara di tepuk - tepuk menggunakan handuk lembut dan bersih.  

 4.      Masker wortel
Tahukah anda ternyata wortel yang merupakan salah satu sayur yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sayur dengan warna jingga cerah ini sering disajikan dalam bentuk sup bening. Wortel juga telah dikenal lama sebagai vitamin yang kaya akan vitamin A. Tak hanya baik memberi nutrisi dari dalam, wortel juga dapat memberikan nutrisi dari luar. Kulit menjadi halus dan kenyal, rambut berkilau dan kuku yang kuat. Daripada membeli masker yang mahal, kenapa tidak mencoba masker wortel. 
Masker wortel dapat mengurangi kelebihan minyak pada wajah tanpa membuat wajah menjadi kering, dapat menutrisi kulit dengan vitamin A, B dan C. Selain itu, penambahan madu dan minyak zaitun pada masker wortel juga dapat mengurangi garis-garis halus pada kulit. 

masker wortel untuk wajah berminyak

Berikut cara pembuatan dan penggunaannya:

siapkan 2 wortel ukuran sedang 2 sdm madu 1 sdm minyak zaitun kemudian Kukus wortel hingga empuk, lalu lumatkan hingga berbentuk cream. Tambahkan madu dan minyak zaitun, aduk rata hingga menjadi pasta yang lembut. Jika masih terlalu kasar, tambahkan sedikit minyak zaitun. Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu oleskan masker secara merata, hindari daerah mata. Diamkan selama 20 menit. Basuh wajah dengan air hangat hingga bersih, keringkan dengan handuk bersih. Untuk hasil maksimal, pemakaian masker ini dapat Anda lakukan sekali dalam seminggu. Anda bisa melihat hasil wajah yang lebih segar, muda dan bersinar.

5.      Jeruk nipis

Cara perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami menggunakan jeruk nipis sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi karena telah lama nenek moyang kita terdahulu menggunakan jeruk nipis sebagai bahan untuk merawat kecantikan wajah dan rambut. Kandungan jeruk nipis yang kaya akan vitamin C menjadikan jeruk itu bisa digunakan sebagai meremajakan kulit dan menghaluskan kulit. Tidak heran jika sejak dahulu kala, produk kecantikan banyak yang dibuat dari sari jeruk nipis. Untuk merawat wajah berminyak dan berjerawat menggunakan jeruk nipis Anda bisa membuat masker jeruk nipis.
jeruk nipis untuk wajah berminyak

Cara membuatnya sangat mudah sekali, iris jeruk nipis menjadi bulat, lalu campurkan menggunakan putih telur. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering. Setelah itu basuh wajah Anda menggunakan air bersih. Rasakanlah perbedaan pada wajah Anda, wajah Anda akan terasa lebih halus dan lebih kesat serta minyak di wajah Anda berkurang. 

Selain menggunakan bahan alami diatas lakukan hal-hal berikut: rajin membersihkan wajah, jaga kelembapan wajah, dan atur pola makan sehat. Hindari makanan berlemak dan gorengan. 

Ditulis Oleh: Tini Yagierra, 28 Februari 2016











Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 10:39 PM