Monday, February 29, 2016

Makan Apel Tanpa Dicuci Sama Seperti Makan Lilin, Kok Bisa?



makan apel sama dengan makan lilin jika tanpa dicuci

Semua pasti setuju bahwa bual apel adalah buah yang lezat dan kaya manfaat. Karena begitu besarnya manfaat pada buah ini, timbulah sebuah kata bijak “an apple a day keeps the doctor away”, sebuah apel dalam satu hari akan membuatmu tetap sehat (menjauh dari dokter).


Buah apel memiliki nama lain Malicus Domestica. Buah ini rasanya cendrung manis dan banyak mengandung air. Dengan penampilan kulit bermacam warna. Mulai dari hijau, merah hingga kuning. Apel mengandung flavonoid, polifenol dan juga vitamin C yang bermanfaat sebagai anti-oksidan dan tentunya dapat melindungi tubuh dari berbagai macam bakteri dan virus berbahaya. selain itu, apel juga mengandung vitamin A yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolestrol dan melawan sel kanker dalam tubuh. Vitamin B komplek juga terdapat pada buah apel. 

Namun tahukah Anda jika makan apel tanpa terlebih dahulu dicuci itu sama saja dengan Anda makan atau mengunyah lilin?

Menurut dokter ahli gizi, dr. Samuel Oetoro, MS, Sp. GK, di kulit buah apel terdapat zat kimia lilin yang disemprotkan saat buah apel hendak diimpor ke masing-masing negara. Karenanya, sangat dianjurkan mencuci apel terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

“Cara mencucinya gampang. Dicuci dengan air hangat, jangan air panas. Selesai dicuci, ambil pisau lalu dikerik. Lihat, pasti ada serbuk warna putih yang menempel di pisau,” kata Samuel, dalam acara ‘Be Frutarian: Small Action, BIG Difference’, Selasa (30/4/2013)

Pada saat dicuci jangan takut lembek. Karena mencuci dengan air hangat tidak akan membuat apel menjadi lembek. “Jangan jadi koboi. Begitu mau makan buah, cuma dibersihin di baju, lalu di makan. Itu sama saja makan lilin, bukan apel,” tutur Samuel.

Jadi berhati-hatilah jika ingin mengkonsumsi buah apel. Jangan sampai kita lupa mencucinya sebelum kita makan. Kebersihan yang harus kita jaga bukan hanya kebersihan badan kita. Akan tetapi kebersihan makanan yang akan kita makan. Seperti buah apel, jangan sampai kita seperti memakan lilin hanya karena tidak mencucinya dengan bersih.

Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 6:02 AM

No comments: