Saturday, March 5, 2016

11 Tips Agar Cantik Alami



tips cara agar cantik alami

            11 Tips Agar Cantik Alami.  Hallooooooo sista ! setelah kemarin kita ngomongin tentang bagaimana caranya agar tampil menawan sebelum pernikahan, kali ini kita akan membahas mengenai kecantikan alami. Yupp ! kalo bahasa inggrisnya sih Natural beauty. Kecantikan alami yang hanya menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan dirinya mulai dari atas kepala sampai ujung kaki. Kalau ngomongin cantik alami bukan hanya cantik luar saja ya sista, sudah pasti dalamnya pun harus cantik. Ada yang bilang beauty inside, fresh outside. Cantik didalam, dan fresh tampilan luarnya. Lebih tepatnya kalo didalamnya cantik, tampilan luarnya pasti mengikuti kecantikan tersebut.

Dulu sama sekarang beda. Lain masa lain cerita. Orang tua jaman dulu, belum mengenal yang namanya make up seperti yang dijual-jual sekarang dan menjamur di pasar kosmetik. Coba saja sista cek, banyak produk kosmetik di toko-toko kosmetik langganan sista, dan semakin hari semakin bertambah. Selalu ada produk-produk teranyar dari brand-brand yang kualitasnya memang menjanjikan dan aman. Nah dulu itu, para wanita sudah terbiasa memakai bahan-bahan alami untuk merawat wajah dan tubuh mereka. Jadi jangan heran jika sampai sekarang ibu-ibu kita tidak terlalu repot harus beli make-up yang ini itu hanya untuk mempercantik diri. Cukup memakai bahan-bahan alami untuk perawatan wajah, kulit, dan rambut. Ini sebagian besarnya saja loh ya. Ada juga sih ibu-ibu yang selalu merawat dirinya dan tidak segan-segan merogoh kocek yang fantastis hanya untuk sebuah perawatan. Tapi lagi-lagi itu karena kebutuhan diri dan kemampuan finansial dari masing-masing individu ya guys !. 

Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan cantik yang alami? Susah-susah gampang sih sista. Terlebih dahulu sista harus melewati jalan terjal, lalu berbelok ke kanan, lalu kekiri, dan melewati jalanan menurun dan naik lagi, setelah itu sista bisa mencapai puncaknya. (Hehehehe. Becanda ding!).

Langkah awal yang harus sista lakukan adalah mencari tahu jenis kulit seperti apa yang sista miliki. Karena bila salah memilih bahan untuk wajah, bisa jadi wajah bermasalah. Ada kulit yang kering, ada kulit normal, dan ada yang cenderung berminyak. Setelah sista tahu jenis kulit apa  yang sista miliki, selanjutnya sista wajib mengenal bahan-bahan yang akan sista gunakan untuk perawatan tubuh. Bingung? Okay…mari lanjutkan membaca artikel ini….

Untuk mengetahui ciri-ciri jenis kulit yang sista miliki, mimin akan membeberkan penjelasannya dibawah ini :

1.      Kulit Normal

kulit normal

Cara mengecek apakah kulit sista termasuk jenis normal atau tidak adalah dengan menyeka wajah sista dengan tisu. Jika tidak meninggalkan jejak minyak, maka kulit sista termasuk kulit yang normal. Selain itu, kulit sista akan terasa lentur dan kenyal. Kulit normal terlihat bersih, halus, bahkan dengan perawatan yang minim saja, kulit normal akan tetap terlihat bagus.


2.      Kulit Kering

kulit kering

Jika kulit sista kering, maka tissue yang diseka saat bangun tidur tersebut akan bersih dari minyak juga namun kulit sista akan terasa keras, kering, bahkan pecah-pecah setelah sista seka dengan tissue. Kulit jenis kering ini dapat dengan mudah memicu jerawat dan pori-pori besar dan terlihat yang mengakibatkan kulit penuaan dini dan iritasi.

3.      Kulit Berminyak

kulit berminyak

Jika Sista memiliki kulit jenis berminyak, tissue yang Sista seka pada pipi, hidung dan kening akan meinggalkan bekas minyak. Tentunya kulit berminyak merupakan kulit yang paling rentan dengan masalah. Kulit berminyak seringkali terlihat mengkilap, berminyak dan pori-pori besar yang menyebabkan jerawat. Namun kulit berminyak juga memiliki kelebihan yaitu sulit untuk terjadinya penuaan dini pada kulit. Sista dapat merawat kulit berminyak dengan mebersihkan muka dengan hati-hati, meminimalkan makanan yang mengandung karbohidrat dan menghindari produk perawatan yang ‘creamy’.

4.      Kulit Kombinasi

kulit kombinasi

Kebanyakan wanita memiliki jenis kulit kombinasi. Tanda memiliki kulit kombinasi adalah ketika Sista menyeka bagian hidung dan dan kening maka pada tissue akan terdapat minyak, namun tidak pada pipi Sista, pipi Sista kering.

Karena kulit kombinasi ini adalah gabungan Antara kulit kering dan berminyak, jenis ini membutuhkan perawatan yang berbeda berdasarkan bagiannya masing-masing. Bagian yang kering seperti pipi dan sekitar mata mesti dirawat dengan produk yang kaya akan cream, mouturizer, sedangkan untuk bagian berminyak seperti kening dan hidung dapat dirawat dengan sering-sering membersihkannya dengan air bersih.

5.      Kulit Sensitif

kulit sensitif

Kulit sensitif umumnya adalah kulit yang sangat kering, terasa ketat dan dapat teriritasi dengan mudah. Biasanya kulit sensitif akan berwana merah pada beberapa bagiannya, warna merah tersebut juga terasa tipis dan gatal. Untuk kulit sensitif Sista membutuhkan perawatan ekstra. Sista dapat memeriksa kulit wajah sensitif ke doktor muka.

Sudah tahu apa jenis kulit sista? Nah, setelah sista tahu jenis kulit yang sista miliki, selanjutnya sista bisa memilih bahan-bahan alami yang yang akan sista gunakan untuk perawatan. Let’s check !

Sebelum mimin beberkan bahan-bahan alami apa saja yang sesuai dengan jenis kulit sista-sista. Mimin mau cerita sedikit mengenai perawatan wajah. Ternyata di mbah google yang merupakan search engine yang banyak digunakan masyarakat kita bahkan dunia, keyword ‘cara menghaluskan kulit wajah’ cukup populer pada pencarian google tersebut. Wah, betapa orang-orang mengidamkan wajah yang mulus dan halus ya (termasuk mimin juga, hehehe).

Nah, karena ingin cantik itu tidak perlu mahal, maka akan mimin jabarkan bahan-bahan alami yang terjangkau dan mudah didapatkan. Dijamin hasilnya gak kalah cantik dibanding perawatan mahal di klinik kecantikan dan minim efek samping. 

1.      Apel
Buah apel berkhasiat menghaluskan wajah yang berjenis kulit berminyak. Caranya haluskan buah apel hijau tanpa mengupas kulitnya hingga lumat, bisa dengan alu atau blender. Lalu pakai sebagai masker dan diamkan selama 30 menit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada apel hijau berguna untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

2.      Lidah Buaya
Lidah buaya bagus untuk kulit sista yang sensitive. Lidah buaya tidak akan menyebabkan iritasi, sehingga aman digunakan. Khasiat lidah buaya antara lain sebagai anti inflamasi, mengobati jerawat, menyamarkan noda hitam, dan masalah umum kulit yang lainnya. Luka bakar atau luka kecil juga bisa diobati dengan lidah buaya.

3.      Madu
 Madu tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan tubuh tetapi juga merupakan bahan alami yang efektif digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Madu cocok untuk semua jenis kulit, dan lebih bagus untuk jenis kulit kering. Untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah, caranya  sangat mudah, sista hanya mengoleskan madu murni ke seluruh wajah hingga merata, kemudian biarkan selam 20 menit atau hingga kering. Setelah itu bilas dengan air hangat.

4.      Pepaya
Pepaya yang telah masak sista potong daging buahnya dan dihaluskan, bisa memakai alu atau di blender hingga halus. Lalu tambahkan 1 sdm air mawar dan putih telur ayam kampung. Aduk ketiga adonan hingga benar-benar rata dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. 

5.      Pisang
Buah pisang juga salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membuat wajah sista menjadi halus. Caranya dengan menghaluskan pisang ambon yang telah masak hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada kulit hingga merata. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air seperti biasa. 

6.      Putih Telur
Untuk sista yang memiliki jenis kulit berminyak, sista bisa menggunakan putih telur. Putih telur berkhasiat mengurangi produksi minyak berlebih, mengecilkan pori-pori dan menghaluskan wajah. Caranya dengan memecahkan sebutir telur ayam kampung lalu pisahkan antara kuning dan putihnya. Lalu kocok bagian putih hingga kaku dan berbusa kemudian oleskan pada wajah. Diamkan hingga kering lalu bilas wajah dengan air hangat dan keringkan.

Selain menerapkan perawatan alami untuk tampilan fisik seperti yang dipaparkan diatas, sista juga harus melakukan perawatan dari dalam. Apa saja perawatannya, bisa sista lihat dibawah ini:

7.      Minum air putih
Dengan minum air putih secara rutin sebanyak 2 liter/hari, sista dapat meminimalisir berbagai masalah yang timbul pada wajah. 

8.      Perbanyak makan buah dan sayur
Menkonsumsi buah dan sayur juga bisa mnjadi salah satu tips merawat wajah dari dalam secara alami. Buah dan sayur yang memberikan manfaat pada kulit wajah seperti, jeruk yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk yang berguna untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan wajah, tomat yang mengandung antioksidan yang berguna mengurangi iritasi akibat sinar matahari, mengurangi komedo, dan mencerahkan wajah, apel yang berkhasiat mengurangi kelebihan minyak pada wajah, masih banyak bahan-bahan yang lain yang bisa dikonsumsi dan bermafaat bagi kulit sista. Selain itu menghindari minuman berkafein atau alcohol dan mengurani makanan berminyak juga bisa membantu merwat wajah.

9.      Olahraga teratur
Olahraga adalah hal yang wajib dilakukan karena dengan berolahraga, sista bisa membakar kalori sehingga tidak menumpuk sebagi lemak ditubuh. Misalnya olahraga berenang, jogging, aerobic, dan yoga. Selain itu dengan mengeluarkan keringat, memberikan efek yang baik untuk kulit sehingga metabolism menjadi lancar 

10.      Istirahat yang cukup
Tidur yang dianjurkan untuk kesehatan yaitu selama 8 jam/hari. Kurang tidur biasanya berpengaruh pada pengaturan emosi dan energy tubuh.

11.      Tersenyum
Salah satu cara merawat wajah yang mudah dilakukan dan tanpa perlu biaya sepeserpun. adalah dengan tersenyum. Dengan tersenyum, wajah akan telihat awet muda dan cerah sepanjang hari.

Semoga bermanfaat !

Disadur dari berbagai sumber
Ditulis oleh: Firmania
Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 6:34 AM