Wednesday, March 2, 2016

8 Posisi Seks Yang Aman Untuk Ibu Hamil

posisi seks yang aman untuk ibu hamil

Berhubungan seksual merupakan kebutuhan setiap pasangan suami istri untuk membangun rumah tangga yang harmonis. Hasrat bercinta merupakan suatu dorongan alamiah dan bawaan setiap manusia. Berhubungan seks juga sudah menjadi hal yang legal bagi suami istri yang telah menikah. Banyak posisi atau gaya cara melakukan hubungan seksual. Nah bagaimana melakukan hubungan seks jika istri sedang hamil?


Sebagian wanita  enggan untuk melakukan hubungan itim saat hamil. Mereka merasa agak kurang tidak percaya diri dan tidak nyaman dengan perubahan yang terjadi pada tubuh sehingga kebutuhan untuk melakukan hubungan itim jadi terabaikan. Berbeda dengan wanita, sebagian pria merasa bahwa perut yang membulat itu menambah seksi dan enak di pandang. Banyak suami yang melakukan matrubasi kekita istri hamil. Banyak alasan untuk pasangan suami isteri melakukan hubungan seks saat hamil yaitu: 

1.      Membuat bahagia dan menghilangkan stress

Salah satu alasan suami istri melakukan hubungan seks saat hamil adalah membuat mereka bahagia dan menghilangkan stress. Jika wanita yang sedang hamil melakukan hubungan seks mereka akan merasa rileks dan terhindar dari keadaaan stress. Perasaan wanita yang sedang hamil sangat sensitif sehingga mudah menjadi stress. Hubungan suami istri saat hamil dapat menurunkan tekanan darah pada wanita hamil dan mempengaruhi substansi sindorfin di otak.

2.      Meningkatkan kesehatan jantung ibu hamil

Melakukan hubungan seks saat hamil juga dapat meningkatkan kesehatan jangtung sang ibu. Melakukan hubungan itim sangat mempengaruhi cara kerja jantung. Jika ibu yang sedang hamil melakukan hubungan itim dalam seminggu sekali dapat melatih kekuatan dan keseimbangan otot pada jantung ibu yang sedang hamil.

3.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Hubungan itim saat hamil dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Peningkatan kekebalan tubuh dipicu oleh keluarnya hormon DHEA (dehydroepiandrosterone). Sistem kekebalan tubuh sangat diperlukan untuk menjaga diri sang ibu dan calon bayi yang dikandungnya.

4.      Mengurangi resiko kanker prostat

Hubungan seks saat hamil juga dapat mengurangi risiko kanker prostat bagi suami. Kanker postat biasanya menyerang laki-laki telah usia lanjut. Untuk mengatasi resiko kanker prostat kaum laki-laki dapat meningkatkan enjakulasi kekita diusia muda. Enjakulasi sangat bermanfaat bagi lak-laki untuk membersihkan cairan yang diproduksi oleh kelenjar prostat. 

Hal yang perlu diperhatikan bahwa pada trimester pertama kehamilan, sebaiknya Anda menunda hubungan seks terlebih dahulu. Pasalnya, hubungan seks di awal kehamilan mudah terjadi kontraksi. Ari-ari belum terbentuk sehingga dapat mengakibatkan keguguran bila tejadi kontraksi dahsyat.

Sedangkan pada usia kehamilan 7-9 bulan, frekuensi hubungan seks sebaiknya dikurangi sampai janin berusia 9 bulan karena sangat membahayakan janin. Pasalnya kontraksi bisa mengakibatkan pecah ketuban dan bayi dapat terinfeksi. Sementara bila bayi harus dilahirkan, paru-parunya belum matang. Waktu yang sangat membahayakan yaitu antara kehamilan usia 7-8 bulan. Beda halnya pada kehamilan berusia 9 bulan atau usia kehamilan di atas 36 minggu, bayi sudah siap untuk dilahirkan bila terjadi kontraksi yang berakibat air ketuban pecah, saat ini paru-paru bayi sudah matang, sehingga apabila bayi lahir sudah aman karena telah mampu bernapas di luar tubuh ibu.

Hubungan seks harus dilakukan dengan nyaman agar jangan sampai terjadi kontraksi yang dahsyat untuk menghindari pecah ketuban terutama di usia kehamilan 7-8 bulan. Pasalnya, ketuban pecah dapat menyebabkan infeksi ke tubuh janin, makanya begitu pecah ketuban, harus segera konsultasikan ke dokter kandungan. Karena golden periodenya 6 jam, kalau lebih dari 6 jam harus dikasih antibiotik supaya infeksinya tidak semakin menyebar.

Masalah lain yang harus diwaspadai jika terjadi kontraksi yang hebat adalah tali pusat akan terjepit diantara bayi dan rahim. Akibatnya dapat terjadi gawat janin. Bayi menjadi sesak dan kehabisan oskigen karena oksigen tidak dapat masuk ke dalam tubuh bayi. Saat bayi kehabisan oksigen pasti juga ada proses mengisap, bayi bisa menelan air ketuban ke paru-paru.

Tetapi selain itu, dalam situasi tertentu hubungan seks pada trimester kedua 4-7 bulan bisa tidak diperbolehkan, khususnya pada ibu hamil dengan plasenta previa, dimana plasenta menghalangi serviks yang nantinya bisa beresiko mengalami persalinan prematur.

Berikut ini beberapa  posisi atau gaya seks  yang dianjurkan pada saat istri sedang hamil.

1.      Posisi women on top

Posisi women on top adalah posisi seks yang banyak diminati oleh wanita, meskipun ada sebagian pria yang menyukai karena posisi ini sangat nyaman. Alasan utama bagi wanita untuk memilih bisa mengendalikan penetrasi. Posisi woman on top merupakan posisi wanita diatas pria. Cara melakukannya yaitu seorang wanita duduk diatas tubuh pria. Posisi ini membuat si wanita lebih nikmat. Ketika sedang hamil mungkin akan terasa cepat lelah bagi si wanita. Si wanita dapat merendahkan dirinya ke pasangan. Baik menghadap pasangan atau menghadap kakinya. Sebagian besar wanita merasa sensitif di puting payundaranya ketika sedang hamil. Jadi ketika wanita menghadap pasangan, pastikan sang suami mencium  si wanita. 

2.      Posisi sendok

Posisi ini mirip dengan sendok. Dimana posisi seks isteri berada disamping berbaring di sebelah suami. Sementara suami berada di belakng isteri dan melakukan penetrasidengan kedua tangan yang bebas memegang atau merangkul isteri dari belakang. Sementara paha isteri terangkat untuk memudahkan  penetrasi. Posisi ini akan lebih nikmat saat suami membelai perut dan bagian sensitive lainnya.

3.      Posisi seks misionaris

Posisi seks misioaris merupakan posisi seks paling dasar dan sederhana yang sering dilakukan oleh suami isteri. Gaya bercinta misionaris dilakukan sambil berbaring dengan kedua wajah saling bertatapan, pria diatas dan wanita dibawah. Posisi bercinta misionaris ini disebut dengan istilah man on top. Selama melakukan hubungan seks wanita berada dibawah dengan posisi kaki tergeletak atau ditarik kearah dada maupun posisi kaki melilit dipunggung pasangan.

4.      Posisi seks di tepi ranjang

Pada posisi ini hubungan seks dilakukan di pinggir tempat tidur. Dimana bagian bokong wanita tepat berada di sisi ranjang. Pria bisa berlutut  atau bahkan berdiri di depan wanita, tergantung dari ketinggian tempat tidur. Posisi ini sangat menguntungkan karena tidak perlu melakukan banyak gerakan. Posisi ini sangat cocok untuk di lakukan ketika seorang isteri sedang hamil. 

5.      Doggy style

Doggy style merupakan posisi seks paling dasar yang disukai banyak pasangan. Saat melakukan posisi ini pria dan wanita sama-sama berlutut dan penetrasi dilakukan oleh pria. Dalam posisi ini wanita dapat merasakan sensasi kenikmatan yang tinggi karena dalam posisi ini penis pria akan menstimulasi titik G-spot atau bagian kenikmatan dalam kelamin wanita.

6.      Posisi seks duduk

Posisi ini adalah posisi dimana anda dapat melihat pasangan anda dan dapat menikmati orgasme secara maksimal. Cara melakukannya pria duduk dengan posisi kaki yang agak terbuka. Maka, si wanita akan duduk didepannya dan kemudian memasukka Mr P kedalam Miss V wanita. Selain itu wanita dapat menempatkan kaki di bahu pasangan untuk memungkinkan penetrasi. Pasangan suami istri dapat mengontrol kecepatan dan penetrasi supaya hubungan itim berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Lakukan gerakan seks secara perlahan dan jangan sampai pria menyakiti perut wanita karena dapat membahayakan. 

7.      Posisi seks tidur miring

Posisi ini dapat diterapkan oleh banyak orang karena sangat mudah dan aman bagi wanita hamil. Sang istri harus menarik kedua kaki sehingga pahanya berada di sudut tegak lurus dengan badannya. Sedangkan suami tidur menyamping tepat di belakang istri.

8.      Seks non penetrasi 

Selain posisi diatas pasangan suami istri dapat melakukan seks non penetratitife. Artinya melakukan oral seks yang mungkin lebih aman bagi bayi yang ada dalam kandungan. Kenikmatan melakukan oral seks dapat diraih bersama-sama.

 
Itulah beberapa posisi seks yang dianjurkan ketika wanita sedang hamil, sehingga dapat menjadikan hubungan keluarga anda tetap harmonis.  

Dari berbagai sumber, ditulis oleh: Tini Yagierra
Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 6:58 AM