Sunday, March 20, 2016

Cara Merawat Mss V Agar Tetap Wangi


cara agar mss v tetap wangi

Cara Merawat  Mss V Agar Tetap Wangi, Vagina  atau organ itim wanita merupakan salah satu organ yang dimiliki oleh wanita  yang digunakan sebagai alat reproduksi. Vagina pun suatu organ wanita yang sangat sensitif, biasanya kalau ada bakteri yang masuk dia akan mengeluarkan bau yang tidak sedap atau terasa gatal. Bau yang tak sedap sangat menggangu sekali,  bagi wanita itu sediri  dan apalagi ketika ingin berhubungan seks bersama pasangan.


Bau vagina yang tidak sedap bisa yang disebabkan oleh adanya beberapa hal yang dapat menggangu kesehatan. Adapun penyebab bau tidak sedap pada organ itim (vagina) adalah:

1.      Bakteri
Bakteri merupakan salah satu penyebab bau tidak sedap pada organ itim wanita yang paling sering terjadi. Bakteri memang tinggal didaerah sekitar vagina yang bisa menyebabkan bau tidak sedap. Bakteri yang seharunya tinggal di vagina untuk menjaga ph atau tingkat keasaman vagina berkurang maka bisa menyebabkan bau vagina tidak sedap. Jika penyebabnya bakteri maka yang ditimbulkan berupa bau vagina yang amis jika tercium. 

2.      Parasit
Parasit dapat juga menyebabkan bau vagina tidak sedap.  Infeksi parasit bisa terjadi akibat penularan penyakit kelamin melalui hubungan seksual. Biasanya bau vagina yang tidak sedap disebabkan oleh infeksi parasit dan akan terjadi setelah berhubungan seksual pada orang penderita penyakit kelamin. Akibat infeksi farasit tidak hanya menyebabkan bau vagina yang tidak sedap tetapi juga bisa menyebabkan vagina gatal dan juga iritasi didaerah vagina seperti kulut yang merah.

3.      Makanan
Makanan bisa menyebabkan keputihan wanita dan bau tidak sedap pada vagina. Makanan yang bisa menjadi penyebab bau vagina adalah makanan seperti daging merah atau makanan yang memiliki aroma yang kuat seperti bawang. Oleh karena itu hindari lah makan makanan tersebut atau jangan terlalu sering jika tidak ingin bau vagina yang menyengat dan tidak sedap. 

4.      Kebersihan vagina
Hal yang paling dasar penyebab vagina bau adalah kebersihan  yang tidak dijaga. Seperti membiarkan memakai celana dalam lembab, menggunakan sabun pembersih vagina yang mengandung parfum, tangan yang kotor saat mencuci vagina dan jarang mengganti pembalut saat menstruasi. Oleh karena itu gantilah celana dalam saat dirasa lembab, ganti pembalut 4 jam sekali dan cuci vagina mu dengan air bersih.

5.      Penyakit radang panggul
Penyakit ini terjadi akibat bakteri. Biasanya menular secra seksual dari vagina menuju rahim. Penyakit yang tergolong  PMS (penyakit menular seksual) ini di diagnosa oleh klamidia. Kalau kamu mencium aroma tidak sedap pada vagina, nyeri panggul, demam dan nyeri saat  berhubungan intim segera konsultasikan ke dokter. 

6.      Penggunaan celana dalam yang tidak menyerap keringat
Pemakaian celana dalam sangat mempengaruhi walaupun sederhana tetapi celana dalam yang tidak menyerap keringat bisa mengkibatkan  terganggunya sirkulasi darah diadaerah kewanitaan. Darah kewanitaan akan menjadi lembab, sehingga dapt memicu masuknya kuman atau jamur penyebab bau tidak sedap. Untuk mengatasi hal tersebut denagn cara sering mengganti celana dalam dan jangan lupa untuk mennggunakan celana dalam yang dapat menyerap keringat. Jangan menggunakan celana dlam berbahan nilon karena dapat mengundang kuman berbau tidak sedap.

7.      Memakai pakaian yang ketat
Pemakaian pakaian yang ketat juga dapat menimbulakn bau tidak seddap pada vagina. Karena dengan memakai pakaian yang ketat orang akan mudah berkeringat. Keringat inilah yang akan membuat lembab sehingga memudahkan jamur atau kuman datang ke vagina.

8.      Rambut kemaluan yang terlalu lebat
Rambut kemaluan juga dapat menyebabkan organ itim berbau tidak sedaap, dengan tumbuhnya rambut yang lebat di sekitar vagina mempermudah masuknya jamur dan kuman hinggap di sana. Oleh sebab itu bagi yang memiliki rambut vagina yang lebat harus diperhatikan agar kondisi rambut tetap kering.


Bau yang tidak sedap pada vagina terkadang masih muncul meskipun sudah dibersihkan. Nah disini saya ingin memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan agar vagina tetap wangi  Berikut cara mengatasi bau tidak sedap di vagina supaya vagina tetap wangi:

daun sirih untuk merawat mss v agar wangi

1.      Daun sirih
Daun sirih juga mengandung euganol dan antisptik yang bermanfaat untuk membasmi kuman penyebab bau menyengat divagina.  Pengolahan daun sirih menjadi obat penghilang bau vagina sangatlah mudah. Caranya Rebus 5-10 lembar daun sirih dalam 350 cc air lalu biarkan hingga menjadi stengahnya. Kemudian bilaslah vagina dengan rebusan air daun sirih yang sudah dingin setiap pagi dan seebelum tidur. Lakukan 3 kali seminggu agar vagina wangi dan kesat.

2.      Daun kemangi
Daun kemangi mengandung euganol yang mampu membunuh kuman dan jamur penyebab bau tidak sedap pada vagina. Kandungan minyak atsiri pada daun kemangi juga mampu mengharumkan vagina. Namun sebaiknya kemangi tidak digunakan sebagai sabun yang secara langsung dibilas di vagina karena dapat menyebabkan vagina kering. Untuk mendaptkan hasil yang optimal daun kemangi dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi minuman. Sebagai pengobatan air hasil tumbukan dau kemangi bisa dikonsumsi setiap hari. Setelah terlihat hasil positif, anda bisa mengonsumsi air sari kemangi tiap dua minggu sekali.

3.      Daun pandan
Daun pandan dapat mengatasi bau vagina karena mengandung euganol dan minyak atsiri yaang dapat membuat vagina lebih wangi. Daun pandan sebaiknya diolah menjadi minuman untuk menghilangkan bau tidak sedap di vagina. Caranya, ambil 10 lembar daun pandan yang sudsh dicuci bersih, lalu di tumbuk hingga halus lalu beri sedikit air, Kemudian saring daun yang sudah halus ambil sarinya. Lalu campurkan sedikit garam dan satu sendok teh madu agar lebih nikmat. Minumlah air sari daun pandan setiap hari sebelum tidur selama dua minggu. Setelah diperoleh hasil yang sesuai, cukup dikonsumsi 2-3 kali dalam seminggu.

4.      Lidah buaya 
Penggunaan lidah buaya tidak langsung di bilas ke organ itim karena dapat mengeringkan vagina. Sebaiknyalidah buaya diolah menjadi minuman. Caranya, tumbuk lidah buaya yang sudah dicuci bersih hingga halus. Tambahkan sedikit madu. Kemudian minumlah setiap hari selama dua minggu sebelum tidur malam. Jika telah mendapat hasil yang diinginkan dapat diminum 2-3 kali dalam seminggu.

5.      Tissue khusus organ kewanitaan
Tissue khusus organ itim kewanitaan juga baik digunakan untuk menjaga kebersihan dan menghilankan bau tidak sedap. Pilihlah yang bebas alkohol, berasal dari bahan herbal alami dan memiliki PH yang seimbang. Untuk pemilihan tissue di tekankan khusus tissue yang digunakan khusus untuk organ kewanitaan. Bukan tissue yang banyak beredar diswalayan. Salah satu tissue yang disarankan untuk digunakan adalah intimate tissue yang merupakan khusus vagina yang sangat lembut, bebas iritasi, aman, dan segar mewangi sepanjang hari.

6.      Hindari meembersihkan atau membasuh vagina dengan menggunakan sabun mandi, douche (tabung semprot pembersih), pantyliner dan air hangat terlalu sering. karena dapat menyebabkan vagina kehilangan kelembapan alaminya sehingga dapat mengakibatkan terjadinya iritasi, keputihan dan bau tidak sedap.

7.      Rutin mencukur rambut kemaluan
Mencukur rambut kemaluan selain untuk menjaga kebersihan vagina, juga dapat menjaga bau vagina. Cukurlah satu kali dalam sebulan atau 40 hari wajib dilakukan.

8.      Hindari seks bebas
Bau vagina tidak sedap disebabkan oleh penyakit menular kelamin seperti halnya penyakit sifilis. Karena penularannya sangat cepat dengan berhubungan seksual, maka  hindari hubungan seksual besas atau sering berganti pasangan untuk mencegah bau vagina tidak sedap.

9.      Minum yoghurt
Cara menghilangkan bau vagina adalah dengan mengonsumsi yoghurt yang mengandung bakteri baik. Hal ini bisa bertanggung jawab dalam membantu meningkatkan PH asam di vagina namun tidak brlebihan. Jus cranberi dan yoghurt merupakan minuman alami kesehatan yang bisa membantu mencegah terjadinya infeksi ragi di dalam vagina sehingga vagina tetap wangi.

10.   Kurangi mengonsumsi bawang dan danging merah. Karena bau pada bawang dan daging merah dapat memicu bau yang tidak sedap pada vagina.

Selain hal diatas yang perlu diperhatikan adalah membersihkan lingkungan sekitar termasuk pakaian yang anda kenakan. Bila anda mencoba hal diatas tidak memberikan hal yang positif maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis yang menangani masalah reproduksi dan kandungan agar segera mengetahui apa penyebab pasti gangguan kesehatan pada organ intim anda. Ada hal yang harus di pahami adalah apabila organ intim kewanitaan anda terjaga kebersihannya dan kesehatannya akan membuat anda lebih nyaman, dan percaya diri. 

Ditulis oleh Tini Yagierra
Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 9:54 PM