Saturday, March 5, 2016

Ejakulasi Dini? Ini Penyebab dan Solusinya


penyebab dan solusi ejakulasi dini

Ejakulasi dini kini sudah tidak asing lagi terdengar dan bahkan sebagian pria mengalaminya. Ejakulasi dini telah menjadi suatu masalah bagi sebagian pria. Masalah ini jika terus menerus akan merusak hubungan rumah tangga. Seperti apa sih ejakulasi dini tersebut?


Menurut Zoya Amirin (Pakar psikologi ternama di Indonesia) ejakulasi dini merupakan suatu keadaan dimana pria tidak dapat bertahan lebih dua menit saat berhubungan intim walaupun pria tersebut dapat melakukan penetrasi dengan baik dan permainannya juga baik, namun bila kurang dari dua menitan tetap saja sudah dikategorikan sebagai penderita ejakulasi dini. Selain pendapat diatas, Dr Andri Wanananda mengungkapkan bahwa ejakulasi dini adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mampu mengontrol keluarnya sperma sebelum pasangan mencapai orgasme walaupun durasi saat bercinta lebih dari dua menitan. 

Prof Wimpe Pangkahilan menjelaskan bahwa ada beberapa pengertian  yaitu: ejakulasi dini adalah batasan ejakulasi didasarkan pada waktu tertentu ketika ejakulasi, ejakulasi dini ditentukan berapa kali seorang pria mampu melakukan gerakan ketika berhubungan seksual sebelum terjadi ejakulasi, ejakulasi dini diartikan sebagai ketidakmampuan menahan ejakulasi sampai pasangan mencapai orgasme dan ejakulasi ditentukan oleh mampu atau tidaknya pria mengandalikan ejakulasi agar tetap sesuai dengan keinginananya.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas ejakulasi dini merupakan ganguan kesehatan pada pria yang membuat pria tidak mampu bertahan lama saat berhubungan intim dan tidak sesuai dengan ke inginannya.  seorang pria dikatakan mengalami ejakulasi dini apabila durasinya sangat singkat dan bisa kurang dari dua menit. Ada bebrapa penyebab enjakulsi dini yaitu:

penyebab ejakulasi dini

1.      Genetik
Semua organ reproduksi berfungsi dalam aktivasi seks. Gen yang berada dalam tubuh berperan penting membuat anda meraakan klimaks dalam berhubungan seksual.
2.      Pola makanan tidak sehat
pola makanan yang tidak sehat seperti sring mengonsumsi makanan yang instan, merokok, alcohol, makan berkadar gula tinggi dan lain-lain.
3.      Gaya hidup
Gaya hidup yang sering menyebabkan enjakulsi dini seperti stress, beban kerja, sering sibuk, sering kelelahan.
4.      Kondisi  fisik
Adapun keadaan fisik tubuh pria yang menyebabkan ejakulasi dini:

a.      Menipisnya jumlah serotonin diotak dan saraf di tulang belakang  yang memodulasi pergantian fungsi saraf otonom otak dari mode parasempatik ke mode simpatis (fungsi saraf dimana ejakulasi akan terjadi). Kekurangan serotonin secara berlebihan akan menyebabakan perubahan dopamin/norepinefrin menjadi adrenalin (epinefrin) pada mode simpatis tubuh.

b.     Penipisan otak dan penurunan asetikolin sinaptik yang penting bagi komunikasi saraf,pengindraan pada mode parasimpatis termasuk penurunan fungsi organ seks ketika eksresi terjadi. Hal ini dapat menurunkan fungsi hati, fungsi adhenal dan testis yang mengakibatkan tubuh kekurangan nitric oxide, DHEA, androstenedion dan testosteron. Kekurangan hormon seks dalam otak menyebabkan pria kehilangan libido.

c.       Kekurangn hormon dopamin dalam otak akan melemahkan fungsi hipofosisi testis dan fungsi tiroid, sehingga anda akan mengalami defisiensi testosteron, kehilangan kejantanan, mengecilkan ukuran penis dan kehilangan rasa percaya diri.

d.      Terjadi abrasi pada saluran-saluran ejakulasi postat dan neuromuskuler menyebabkan ejakulasi dini ketika tubuh menerima stimulai seks baik melalui penghilatan, pendengaran maupun penetrasi. Hal ini juga dapat menyebabkan ukuran prostat membesar dan melemahkan kekuatan semprotan seperma ketika ejakulasi dan melemahkan kontrol atas air serni. Di perlukan 3-12 bulan untuk memperbaiki syaraf yang rusak dan memperbaiki pembesaran prostat dapat dilakuakan dalam waktu satu bulan.

e.      Terlalu sering mengeluarkan cairan kelenjar bulborethal yang mengandung prostaglandin E-2 yang merangsang pematangan atau pembukaan katup ejakulasi.

f.        Rendahnya produksi prostaglandin E-1 (PGE-1) akibat adanya penipisan zat kimia dan hormon. PGE-1 melemakan jaringan spons penis dan meningkatkan saraf parasimpatis untuk eksresi yang keras. PGE-1 dapat menyebabkan penis eksresi dan bertambah panjang.

g.      Terlalu banyak masturbasi akan membuat prostat menghasilkan banyak testosteron. Ejakulasi yang terlalu sering menyebabkan prostat memiliki reflek ejakulasi. Matrubasi yang sering dapat menyebabkan enjakulai dini, apalagi jika dilakukan dengan teknik yang salah.

Ejakulasi dini sangat merugikan bagi pasangan suami istri karena  dapat mengakibatkan hubungan seksual tidak harmonis. Ketidakharmonisan disebabkan oleh ketidakpuaan oleh kedua pihak. Pria mengalami kecewa karena hubungan seks di luar kehendaknya dan tidak mampu memberikan kepuasan seksual kepada pasangannya. Pria yang mengalami ejakulasi dini sering mengalami stress, tidak percaya diri, malu terhadap pasangan, dan dalam waktu lama akan mengalmi disfungsi ereksi. 

Sedangkan wanita yang mempunyai pasangan mengalami ejakulasi dini tidak dapat mencapai orgasme karena hubungan seksual cepat  berakhir. Kececewaan yang muncul berubah menjadi kejengkelan disertai rasa takut untuk melakukan hubungan seksual. Sehingga dalam rentang waktu tertentu akan hilangnya dorongan seksual dan dispareunia (rasa nyeri saat berstubuh).

Untuk mengatasi  masalah ejakulasi dini ada Beberapa tips yang dapat dilakukan Menurut Dr Dayen Tri Rejeki Herdianan:

1.      Cobalah untuk lebih santai ketika melakukan hubungan intim. Hindari kondisi kejar deadline atau perasaan harus segera selesai ketika melakukannya. Tariklah napas atau lakukan teknik relaksai terlebih dahulu.
2.      Carilah posisi yang nyaman. Posisi woman on top akan lebih nyaman untuk pria.
3.      Jangan menggunakan alkohol atau obat-obatan terlarang ketika akan berhubungan seksual.
4.      Berlatihlah senam kegel untuk membantu mengencangkan otot panggul dan mengontrol ejakulasi dini.
5.      Beberapa jenis terapi dapat diberikan bagi mereka dengan ejakulasi dini

·         Terapi seksual
terapi seksual dalam hal ini adalah berlatih mengendalikan ejakulasi dini dengan melakukan masturbasi. Dengan teknik masturbasi yang sesuai, tidak terlalu terburu-buru, sensitivitas dan respon terhadap suatu rangsangan seksual dapat dikendalikan. Melakukan masturbasi 1-2 jam sebelum hubungan seksual juga dapat menunda ejakulasi.

·         Terapi obat
Obat-obatan anti depresi dan obat bius topical (oles) juga dapat digunakan pada keadaan ini. Namun terapi obat-obatan sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter.

·         Psikoterapi
Psikoterapi bertujuan untuk mengurangi kecemasan dan stress yang dapat mempengaruhi hubungan seksual.

Selain hal diatas kesehatan otak merupakan hal yang sangat penting didalam kasus ejakulasi dini. Otak yang tidak sehat menggangu sel hormon sehingga mengurangi libido dan nafsu seksual seseorang. selain menjaga  Kesehatan otak, jiwa dan fisik jangan lupakan komunikasi pasangan suami istri. 

Selain tips diatas, ada lagi tips dari situs doktersehat.com : 

1.      Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta makanan bergizi. Makanan atau buah-buahan kaya akan vitamin E karena vitamin E bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih baik sehingga aliran darah lebih lancar, makanan seperti brokoli, bayam, kacang, kacang dan gandung. Buah semangka juga dapat membuat rileks serta membuka pembuluh darah kealat vital. Selain semangka, pepaya juga memiliki kandungan arginine dapat mendorong aliran darah lebih lancar terutama kealat vital. Makanlah Makanan yang kaya seng (zinc) seperti susu, keju, ayam, daging sapi,kalkun. Karena zinc merupakan mineral penting dalam kehidupan yang memicu produksi tesoteren dan membuat sperma lebih berkualitas.

2.      Rutin berolahlaga untuk menjaga kebugaran
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh universitas Harvard pada 3.100 pria mereka yang aktif berolahraga memiliki risiko disfungsi ereksi 30% lebih rendah dibandingkan mereka jarang berolahraga.

Menurut Dr Dina Kusumawadhani olahraga yang disarankan adalah aerobic atau olahraga yang memacu jantung seperti berlari, berenang sepak bola, basket. Olahraga ini bertujuan untuk aliran darah ke otak, jantung dan seluruh tubuh. Olahraga angkat beban yang bertujuan untuk memperkuat otot dan dapat dikatakan dapat meningkatkan rangsangan seksual dan performa saat berhubungan seksual. 

3.      Hindari stress dan beban kerja yang terlalu berat
Saat behubungan seks buang segala masalah anda dan fokuslah pada pasangan anda. kurangi beban saat kerja atau ubah cara kerja anda.

4.      Latihan pernafasan dan kontrol emosi
Hal ini dapat dilakukan sebagai latihan sehari-hari atau selama hubungan seks, dapat dilakukan dengan mudah hanya 4 langkah: tarik napas selama tiga detik, tahan napas selama tiga detik, buang napas selama tiga detik, kemudian ulangi lagi. Ini tidak harus tiga detik anda dapat memilih interval yang anda inginkan.

5.      Menggunakan obat herbal anti ejakulasi dini (sangat dianjurkan) karena obat herbal 100% tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Ditulis Oleh: Tini Yagierra
Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 10:08 PM