Sunday, March 27, 2016

Penyebab Jerawat Yang Wajib Anda Ketahui



penyebab jerawat

Penyebab Jerawat, Memiliki kulit wajah yang cantik, bersih, mulus dan sehat serta bebas dari penyakit merupakan harapan dari setiap orang. Menurut Ekel (1981:71) kulit wajah yang sehat memiliki kriteria yaitu konsistensi yang kenyal, elastis, lembut, warna kulit bercahaya dan jenis kulit normal. Namu pada kenyataanya  banyak orang yang memiliki masalah terhadap kulit yaitu jerawat.


Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan produksi kelenjar minyak (sebaseus gland) sehingga menyebabkan produksi minyak berlebihan. Keadaan inilah yang memicu penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Daerah yang mudah terkena jerwat adalah muka. Tetapi bisa juga dibagian-bagian tubuh lain seperti bagian dada, punggung, dan tubuh bagian atas lengan. Terutama pada penderita jerawat pada faktor genetik.

Jerawat juga merupakan penyakit kulit yang sudah dikenal secara luas dan sering timbul pada wajah. Jerawat yang muncul dibagian muka mengakibatkan perubahan wajah, berupa bengkak, benjol-benjol, bernanah dan menimbulakan rasa sakit. Adanya jerawat tersebut digaruk atau dipencet akan menimbulkan bekas luka berwarna hitam yang sulit dihilangkan. Munculnya jerawat akan menimbulkan kesan kurang menarik pada penampilan seseorang. Jerawat dapat terjadi pada orang pada usia muda atau tua dengan presentase kejadian pada wanita sebanyak 27% dan 34% pada pria (klaus,2005). 

Biasanya orang mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun. Namun, jika tidak diatasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun. Selain menimbulkan bekas jerawat, efek utama adanya jerawat adalah pada jiwa seseorang, seperti krisis kepercayaan diri atau minder dan depresi. Komponen konsep diri yang sering terganggu pada remaja dengan munculnya jerawat adalah gambaran diri (self-image) dan harga diri. Hal ini terjadi karena pada masa remaja fokus individu terhadap gambaran fisik lebih menonjol daripada dalam periode kehidupan yang lain. Bentuk tubuh (fisik) sering merupakan bagian dari gambaran diri.


1.      Infeksi 

Infeksi kulit juga bisa menjadi penyebab jerawat dikulit wajah, karena bakteri ada dimana-mana. Bakteri bisa menginfeksi kulit jika keadaan kulit kotor. Kondisi kulit yang kotor bisa disebabkan oleh debu atau cara membersihkan kulit yang kurang tepat sehngga kotoran tidak semuanya terangkat maka dapat menyebabkan jerawat pada kulit. Bakteri penyebab jerawat disebut dengan Propionibacterium acnes atau P.acnes yaitu anggota flora kulit dan selaput lendir manusia. P. acnes ikut serta dalam fotogenesis jerawat dengan menghasilkan lipase, yang memecahkan asam lemak bebas dari lipid kulit. Asam lemak ini dapat menimbulkan radang jaringan dan ikut menyebabkan jerawat (Mumpuni, 2010).

2.      Kulit berminyak

Setiap orang memiliki jenis kulit berbeda-beda. Jenis kulit yang mudah ditumbuhi jerawat adalah kulit berminyak. Kulit berminyak bisa menyebabkan kulit menjadi cepat kotor.

3.      Makanan

Penyebab jerawat juga disebabkan dari makanan. Jenis makanan yang sering dikonsumsi setiap hari ternyata bisa menjadi penyebab jerawat di wajah. Jenis makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak yang menjadi penyebab jerawat. Menurut dr anne chapas, pendiri union square laser dermatology menyatakan bahwa jerawat disebabkan perubahan dalam kebiasaan pola makanan, rutinitas tidur atau bahkan kondisi wajah yang tidak terawat.

4.    Stess

Selain debu dan makanan penyebab jerawat di kulit bisa akibat stress. Stess salah satu pemicu tumbuhnya jerawat dengan cepat. 

5.    Kosmetik

Kosmetik juga dapat menyebabkan munculnya jerawat. Kosmetik yang digunakan untuk mempercantik diri teryata bisa menjadi penyebab munculnya jerawat apabila tidak coco atau tidak merata dibersihkan setelah menggunakannya.

6.      Nutrisi kulit

Kulit yang kurang nutrisi juga kan mengakibatkan terjadinya jerawat. Karena kulit juga penting mendapatkan nutrisi dari makanan sehat.nutrisi untuk kulit wajah bia dari buah, sayuran hijau dan air putih. Kulit yang kurang nutrisi tidak hanya berjerawat tetapi bisa menjadi kusam dan kering. 

7.      Hormon

penyebab jerawat anda

Menurut The Huffngton Post Canada, perubahan dalam tubuh memilki dampak terbesar pada pembentukan jerawat. Gaya hidup stres yang tinggi dapat meningkatkan produksi jerawat, jadi tetap tenang dan santai merupakan jalan untuk menghindari timbulnya jerawat. Biasanya Anak anak yang bari beranjak remaja banyak jerawat di wajah nya, karena hormon mereka baru di produksi dengan baik dan belum stabil.
 
8.    Gaya hidup 

Gaya hidup yang kurang sehat seperti menjadi perokok aktif dan menggunakan alkohol juga dapatmerusak kulit dan mudah untuk ditumbuhijerawat.


1.      Cuci wajah setidaknya dua kali sehari di pagi hari dan malam sebelum tidur. Cuci lebih sering dimusim panas untuk mencegah minyak terakumulasi pada wajah. Dianjurkan memcuci wajah dengan air hangat sebelum memakai sabun karena air hangat membuka pori-pori di kulit sehingga memungkinkan penetrasi sabun yang mendalam pada kulit. Jangan gunakan abun tubuh pad muka karena dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat.

2.    Berikan pelembab pada wajah, orang dengan kulit berminyak harus menggunakan pelembab. Sedangkan orang yang berkulit kering ddianjurkan menggunakan krim dengan pelembab ekstra.
3.      Perbanyak makan buah-buahan segar serta suplemen vitamin kromium dan zink jika diperlukan.
 4.        Minum sedikitnya 10 gelas air putih sehari.

 5.        Hindari memakai make up yang tebal pilih dasar make up yang berbahan dasar air alih-alih berpelarut minyak.
6.      Jangan membiarkan rambut menempel di wajah, Sebisa mungkin agar membuat rambut anda tidak tidak menempel pada wajah, karena rambut basanya mengandung minyak. Minyak yanag ada pada rambut bisa menadi penyebab munculnya jerawatv pada wajah.

7.      Hindari sering menyetuh wajah, Sebaiknya hindari sering menyentuh bagian wajah  dengan tangan karena mengakibatkan kondisi  kulit kurang baik. Selain daripada itu, ada mungkin sering lupa apakah sudah mencuci tangan atau belum , apabila tangan dalam kondisi tidak bersih, tangan bisa menyalurkan bakteri dan berbagai kuman pada kulit wajah anda.

Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 6:01 AM