Wednesday, March 16, 2016

Waspada, Ini Penyebab dan Gejala Kanker Prostat




penyebab dan gejala kanker prostat


Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali sehingga membentuk benjolan atau tumor yang ganas. Sel ini dapat menyebar secara metastasis keseluruh tubuh, seperti tulang-tulang, paru-paru dan hati.


Kanker prostat memang menjadi suatu hal yang menakutkan bagi para pria. Kelenjar Prostat seringkali membesar secara bertahap setelah usia 50 tahun. Pada usia 70 tahun, 80% pria memiliki prostat yang membesar. Beberapa studi memperlihatkan bahwa sekitar 50% pria diatas usia 50 tahun memiliki sel prostat yang bersifat kanker. Temuan ini menimbulkan perdebatan signifikan terhadap terapi yang dianjurkan khususnya pada pria lansia yang mengidap tumor tahap dini dan tumbuh lambat. Banyak pria lansia yang mengalami masalah buang air kecil karena pembesaran prostat. Pada beberapa pria, pembesaran ini diikuti oleh tumbuhnya kanker. Kanker prostat jarang menyerang pria dibawah 45 tahun kecuali faktor keturunan.

Hal sangat memperihatinkan yaitu kanker ini sering tumbuh secara diam-diam dalam kelenjar prostat tanpa gejala apapun sampai menyebar ketulang dan jaringan di sekitarnya. Itu sebabnya penting sekali bagi pria usia 50 tahun ke atas untuk uji rektal digital yang memungkinkan dokter menemukan benjolan atau pembesaran pada prostat dan prostate-specific antigen blood btest, uji darah untuk mendeteksi sejenis protein yang keluar dari prostat apabila ada tumor.
Kanker prostat jarang menimbulkan gejala karena penyebarannya sangat lambat. Pada beberapa kasus, kanker prostat baru terdiagnosisi seteah menyebar ketulang terutama tulang panggul, iga dan tulang belakang atau keginjal yang menyebabkan gagal ginjal. Kanker tulang menimbulkan nyeri dan tulang menjadi rapuh sehingga mudah menjadi fraktur (patah tulang).

Kanker prostat dapat diklasifikasikan berdasarkan derjat keganasan dan stadium. Derajat keganasan menggambarkan sejauh mana sel-sel norma dari kelenjar prostat. Berdasarkan pada hasil akhir pemeriksaan mikroskop dari jaringan tumor ahli patologi akan menentukan apakah tumor memiliki derajat keganasan yang rendah, sedang atau tinggi.

Berdasarkan anamnesis dan hasil biopsy, tumor prostat dapat dibagi menjadi stadium A sampai D. Tumor stadium A berdiferensiasi baik (A1) atau berdiferensi sedang atau buruk (A2) tetapi terbatas dikelenjar prostat. Tumor-tumor ini asimptomatik dan keberadaannya dilaporkan lebih dari 80% pria berusaha diatas 80 tahun. Tumor stadium A tidak dapat diraba dengan pemeriksaan jari. Tumor stadium B mencakup tumor nodus tunggal (B1) atau sekelompok nodus diskret (B2) yang teraba pada pemeriksaan jari dan terbatas di prostat. Tumor stadium C adalah massa besar yang mengisi keseluruhan kelenjar prostat (C1) dan mungkin meluas melebihi batas-batas kelenjar (C2). Tumor stadium D telah bermetastatis dengan sel-sel kanker ditemukan dikelenjar limfa regional panggul (D1) atau ditempat lain (D2) sering ditulang.


Penyebab kanker prostat belum ketahui secara pasti, namun Prof. Umbas menjelaskan bahwa ada beberapa yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker prostat. Diantanya faktor usia dan keturunan, faktor peningkatan hormon testosteron dan diet lemak tinggi. Toksin juga merupakan faktor risiko kanker prostat.

Biasanya penyebab kanker prostat pada pria ditandai dengan kanker penis yang ditandai dengan lesi ulserabutif pada batang penis pria yang mungkin dirasa nyeri. Kanker penis di tandai dengan membentuknya suatu massa pada penis yang menimbulkan rasa nyeri seiring dengan perkembangan dan pertumbuhannya. penis akan terasa berat dan menimbulkan rasa pegal dan bisa menimbulkan ginekomastia. Selain itu ada faktor lain seperti obesitas dan memiliki berat badan yang tidak normal.

gejalan kanker prostat


Pertumbuhan kanker prostat sering kali sangat lambat, bisa menimbulkan gejala selama bertahun-tahun. Dengan semakin membesarnya kanker, keluhan mulai muncul karena desakan pada uretra menimbulkan iritasi atau menyumbat aliran air seni. Adapun gejala yang di timbulakan adalah:

1.      Air seni tidak lancar, aliran urin lemah dan butuh waktu lebih lama untuk menutaskan kencing
2.      Penundaan, ketika mau buang air seni mungkin anda harus menunggu bebrapa saat di toilet sampai air seni mulai mengalir. Kesulitan untuk buang air kecil atau menahan air seni.
3.      Tetesan air seni sedikit menetes dan menidai celana dalam anda tidak lama setelah anda selesai kencing di toilet.
4.      Frekuensi, anda lebih sering kencing daripada biasanya terutama pada malam hari.
5.      Urgensi, anda merasa sangat kebelet kencing tiba-tiba
6.      Ganguan seksual seperti sulit ereksi, nyeri saat enjakulasi
7.      Sering nyeri atau kaku pada punggung bawah, pinggul atau paha atas
8.      Urin mengandung darah
9.      Air mani mengandung darah.
   10.      Bengkak pada kaki

Pengobatan kanker prostat
Menurut Prof. Umbas, jika terlanjur terkena kanker prostat maka pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan stadium yang diderita. Pada umumnya kanker prostat awal biasanya dilakukan operasi pengangkatan prostat dan terapi penyinaran. Sedangkan pada kanker yang telah menyebar biasanya dilakukan terapi hormone, pengangkatan testis atau kemo terapi.
Menurut Dr Aru Wisaksono Sudoyo SpPD,KHOM,FACP, pakar onkologi medis senior universitas Indonesia mengemukakan tindakan kemotrapi pada pengobatan kanker prostat biasanya dilakukan apabila kanker tersebut telah resisten terhadap terapi pengobatan lainnya, misalnya terapi hormon. Adapun pengobatan kanker prostat melalui antara lain:

1.      Pembedahan atau operasi
Pembedahan dilakukan untuk mengangkat kelenjar prostat, tindakan ini seringkali dilakukan untuk kanker pada stadium A dan B. komplikasi untuk tindakan ini biasanya berupa impotensia dan lebih sering kencing. Selain pengangkatan kelnjar pospat dapt juga untuk mengankat testis (orkiektomi) tindakan ini dilakukan pada kanker stadium C. tindakan ini lebih efektif karena tidak memerlukan tindakan pengobatan ulang dan lebih murah di bandingkan pengobatan lainnya.

2.      TURP (Trans Urethral Resecstion)
TURP adalah prosedur operasi memotong bagian dari kelenjar prostat. TURP dilakukan dengan cara anastesi umum atau anastesi tulang belakang. Tujuan dari operasi adalah meringankan atau menghilangkan gejala buang air kecil yang terganggu akibat kanker prostat. Dokter bedah akan memasukkan kawat besi dengan melingkar bagian ujngnya kedalam uretra menuju prostat. Arus listrik digunakan untuk memanaskan bagian melingkar yang berfungsi untuk memotong kanker prostat.

3.      Penyinaran
Terapi penyinaran eksternal dapat dilakukan di rumah sakit tanpa memerlukan rawat inap. Terapi ini rutin dilakukan sebanyak 5 kali tiap minggu selama 6-8 minggu. Efek samping yang ditimbulkan adalahberkurangya nafsu makan, kelelahan, iritasi pada kulit, diare, cedera atau luka bakar pada lectum, serta infeksi kandung kemih. Sebelum melakukan penyinaran terlebih dahulu mencangkokkan butiran yodium, emas atau iridium aktif pada jaringan prostat melalui sayatan kecil. Radiasi akan mengarah pada bagian yang dicangkokkan sehingga kerusakan jaringan pada bagian sekitarnya menjadi lebih sedikit.

4.      Obat-obatan
Pemberian obat untuk memanipulasi hormon sehingga kadar testoteron dapat berkurang. Pengobatan menggunakan kemotrapi juga dilakukan, yaitu: pengobatan dengan obat-obatan yang dapat menghancurkan sel kanker. Metode ini bisa dilakukan untuk kanker yang telah menyebar atau stadium D.
5.      Obat tradisional
Pemberian obat tradisional dangan bahan dasar alami dapat diberikan dengan izin dokter. Bahan yang dapat digunakan umumnya sama dengan bahan yang digunkan sebagai bahan penyembuhan kanker yaitu bahan yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antibiotik. Aapun bahan yang dapat di  jadikan Obat kanker prostat secara alami antara lain:

a.       Bawang putih
Cara mengobati kanker prostat dengan bawang putih adalah dengan cara dimakan langsung atau bisa di haluskan atau diblender. Konsumsilah bawang putih dengan rutin dan teratur agar kanker prostat dapat sembuh.
b.      Daun meniran
Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun ini yang sudah dicuci. Saring dan minumlah air rebusan daun meniran ini dengan rutin dan teratur agar penyakit anda cepat sembuh.
c.       Buah manggis
Cara mengobati kanker dengan buah manggis adalah dengan mengonsumsi buah manggis secara langsung. Konsumsilah secara rutin dan teratur.
d.      Buah delima merah
Caranya Buah delima dapat dimakan langsung atau dibuat jus, kemudian konsumsi secara teratura agar penyakit kanker anda cepat sembuh.
e.       Daun sirsak
Caranya dengan merebus daun sirsak yang sudah dicuci lalu  saring dan minumlah air rebusan sirsak  tersebut. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur. Itulah beberapa pengobatan kanker prostat. Semoga dapat bermanfaat.



Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 7:44 AM

No comments: