Friday, April 29, 2016

Cara Merawat Kuku Secara Alami



merawat kuku secara alami

Cara Merawat Kuku Secara Alami, Kuku merupakan tulang yang tumbuh pada ujung tangan maupun ujung jari kaki dengan ukuran tipis dan sedikit melebar tergantung dengan ukuran jari. Kuku berfungsi untuk melindungi ujung jari yang merupakan tempat kumpulan syaraf penting bagi tubuh agar tidak terluka. Kuku biasanya tampak kemerahan karena dibawahnya terdapat pembuluh kapiler untuk menerima suplai darah. 


Kuku tangan dan kaki memang tidak memiliki fungsi yang signifikan dalam tubuh. Tapi keberadannya bisa membuat penampilan tangan dan kaki menjadi lebih cantik dan indah. Dan bisa dikatakan juga keberadaan kuku adalah sebagai bagian untuk memperindah penampilan tangan dan kaki. Akan tetapi terkadang keberadaan kuku tidak diperhatikan dengan baik sehingga membuat kuku menjadi nampak kusam penampilannya. 

Agar memiliki kuku idaman tentu tidak didapat begitu aja. Ada usaha atau treatmeant khusus yang harus diberikan. Cara gampang dan instan yang bisa ditempuh adalah dengan rutin pergi kesalon untuk perawatan kuku. Tentunya hal itu bisa dilakukan jika anda memiliki waktu luang dan tentunya anda harus menyiapkan anggaran khusus. Lantas bagaimana bagi mereka yang tak memiliki waktu luang serta minim anggaran, apakah mereka harus memupus impiannya untuk memilki kuku yang cantik? tentu saja tidak, ada beberapa cara lain yang dapat ditempuh tanpa harus mengeluarkan banyak anggaran.

Cara alternatif adalah dengan melakukan perawatan sendiri  dirumah dengan menggunakan bahan alami. Jadi anda tidak perlu mondar-mandir kesalon serta anda juga bisa mengalokasikan dana kesalon untuk keperluan lainnya. Nah berikut adalah cara merawat kuku secara alami agar tetap sehat dan indah:

1.      Konsumsi Makanan Bergizi

Masalah pada kuku dapat menjadi indikator bahwa kesehatan kita juga kurang baik. Oleh karena itu untuk menjaga agar kuku tak gampang retak atau patah, lakukan perawatan dari dalam dengan mengonsumsi vitamin E, B dan B5. Anda dapat memperoleh suplemen vitamin ini di apotek atau dengan mengonsumsi secara alami, salah satu bahan makan yang kaya vitamin B dan E adalah kacang hijau, pisang dan tauge.

2.      Konsumsi Makanan Tinggi  Kalsium

Cara merawat kuku adalah dengan mengkonsumsi makanan dan dan minuman yang kaya akan kandungan kalsium. Kalsium memang terkenal sebagai penguat tualang pada tubuh. Karena itulah untuk memperkuat sekaligus menambah kecancikan kuku, anda disarankan meminum minuman berkalsium seperti susu sapi atau susu kedelai. Makanan seperti buah alpukat dan buah durian juga disarankan karena buah tersebut mengndung kalsium yang tinggi.

3.      Gunakan Minyak Zaitun

Anda mungkin sudah sering mendengar khasiat minyak zaitun untuk merawat wajah dan rambut, selain itu minyak zaitun juga dapat digunakan untuk merawat kuku tangan dan kaki kita karena berkhasiat menguatkan kuku. Kandungan vitamn E dalam minyak zaitun dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan juga merawat kuku yang rusak. Cara menggunakannya pun sangat mudah, anda tinggal mengoleskan minyak zaitn pada kuku anda sambil digosok lembut dan diamkan selama 15 menit sebelum anda membasuhnya dengan air hangat. Perawatan ini dilakukan 2 hari sekali.

4.      Lakukan Manicure

Manicure tidak harus dilakukan disalon anda juga bisa melakukan perawatan sendiri dirumah. Asalkan anda menyiapkan beberapa keperluan yang mendukung.
Alat yang harus disiapkan adalah air panas dan air dingin, 2 buah baskom ukuran sedang, gunting kuku, kurtikula, alat kikir kuku, handuk, sabun cair pilih yang hterasa lembut dikulit, cat kuku warna kesukamu, nail polish, batu apung halus dan sikat halus.
Bahan yang diperlukan minyak Zaitun, garam sesuai kebutuhan, jeruk lemon 3 irisan.

Langkah-langkah:

a.       Apabila kuku telah diwarnai sebelumnya sangat disarankan untuk menghilangkan cat kuku tersebut terlebih dahulu dengan cairan khusus penghilang warna kuku seperti nail polish.
b.      Kemudian ambilah potongan lemon lalu oleskan dan gosokkan pada kuku kira-kira 5-10 menit
c.       Pada baskom yang berisi air panas atau hangat masukkan garam, sabun cair, potongan lemon dan minyak zaitun.
d.      Rendam tangan anda selama kurang lebih 15-20 menit setelah itu bisa juga untuk kaki
e.       Ambil handuk kemudian bersihkan tangan dan kaki anda
f.       Gunting kuku kemudian bentuk sesuai dengan keinginan anda sambil di kikir. Bersihkan juga kutikula dengan gunting khusus kutikula yang sudah disiapkan tadi.
g.      Sembari kaki direndam, rendam tangan anda pada baskom yang berisi air dingin
h.      Sesudah itu gosok sel kulit mati di kaki dengan menggunakan batu apung hingga sel-sel mati tesebut terlepas, kemudian gosok dengan tangan hingga semua kotoran hilang.
i.        Keringkan kuku sembari memberikan pijatan kejari-jari tangan serta kaki agar aliran darah lancar. Sehingga suplai vitamin juga lancar dan kuku tidak mudah patah.

5.      Lemon 

Kuku yang indah bisa didapatkan dengan air lemon dimana kandungan vitamin C pada lemon akan mengkilapkan kuku tangan ataupun kuku kaki. Cara membuat ramuannya sangat mudah yaitu dengan mengiris lemon menjadi beberapa bagian kemudian digosokkan pada permukaan kuku selama beberapa saat. Setelah menggosokkan irisan lemon maka hasilnya sudah bisa dilihat kuku tampak bersih dan mengkilap. Selain itu lemon juga bisa membeersihkan kuku dari sisa cat kuku yang msih tersisa.

6.      Belimbing Wuluh 

belimbing wuluh

Buah yang rasanya masam ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk merawat kuku. Belimbing wuluh merupakan buah yang banyak mengandung banyak air dan vitamin yang dapat membuat kuku semakin kuat dan tidak lembek. Blimbing wuluh bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada kuku kaki ataupun kuku tangan dan menghasilkan kuku yang indah. Cukup dengan menggosokkan belimbing wuluh pada kuku dan biarkan kandungan asam pada belimbing wuluh bekerja membersihkan kuku. Setelah selesai maka akan terlihat hasilnya kuku akan menjadi bersih dan mengkilap.

7.      Semangka

semangka untuk merewat kuku

Semangka tidak hanya menyegarkan ketika dimakan apalagi cuaca panas. Setelah makan semangka jangan langsung dibuang kulitnya karena kulit semangka dapat digunakan untuk merawat kuku menjadi indah bersih dan mengkilap. Cara menggunakannya adalah dengan menggosokkan bagian putih kulit semangka pada permukaan kuku beberapa lama lalu biarkan hingga air semngka yang menempel pada kuku mengering dengan sendirinya. Setelah itu bersihkan dengan air dan kerngkan dengan kain lembut maka kuku akan tampak bersih dan indah.

8.      Bawang Putih

Bawang putih juga dapat digunakan untuk menguatkan kuku, selain itu bisa digunakan untuk membersihkan kuku dan membuat kuku menjadi indah. Cara mengguanakannya anda hanya perlu memarut bawang samapai halus dan membalurkannya ke kuku. Diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan kuku anda dengan air. Bila ingin cara yang lebih praktis, sobat bisa langsung menggunakan irisan bawang putih untuk digososkkan ke kuku. Bial melakukannya dengan rutin, maka kuku akan terlihat cantik.

9.      Lidah Buaya 

Selain dapat merawat rambut dengan indah lidah buaya juga dapat membuat kuku menjadi terlihat cerah dan cantik. Caranya dapat dengan membersihkan lidah buaya yang telah dipotong dan dicuci bersih kemudian oleskan pada kuku dan lakukan secara rutin.

10.  Minyak Kelapa

Minyak kelapa sanagat bermanfaat untuk memperbaiki kutikula kamu yang rusak dan menyembuhkan jamur yang ada pada kuku. Caranya sangat mudah kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa pada kuku sambil memijat secara perlahan. Lakukan kegitan ini secara rutin sebelum kamu tidur.

11.  Jus Jeruk

Jus jeruk dikenal memiliki kandungan vitamin C yang banyak jeruk juga bisa kamu manfaatkan untuk merawat kuku agar tidak rusak. Asam folat yang ada pada jeruk  bisa membuat kuku menjadi cepat panjang. Caranya kamu hanya tinggal membuat jus jeruk alami tanpa campuran bahan apapun, lalu rendam kuku selama 15 menit di dalam jus jeruk yang telah kamu buat. Setelah itu bilas kuku hingga bersih. 

12.  Baking Powder

Menggunakan baking powder yang dicampurkan ke dalam air hangat dan digunakan untuk merendam kuku kurang lebih 5-10 menit akan membuat kuku menjadi bersih dan terlihat indah. Selain itu dengan menggunakan larutan ini bisa membuat kuku putih secara alami. Setelah direndam lalu dibilas dengan air hingga bersih. Untuk hasil maksimal lakukan perawatan seminggu sekali.

13.  Campuran madu, telur, dan minyak zaitun. Manfaatnya adalah untuk melembabkan dan melembutkan kuku. Caranya campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk hingga tercampur rata kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada  kuku secara merata dan tunggu 10-15 menit, kemudian bersihkan kuku anda.

merawat kuku dengan madu dan minyak zaitun

Nah itulah tadi beberapa cara merawat kuku tanpa harus kesalon dan sangat mudah untuk dilakukan.
Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 8:52 PM