Thursday, April 7, 2016

Cara Merawat Rambut Secara Alami




tips merawat rambut secara alami

Cara Merawat Rambut Secara Alami, Rambut merupakan suatu hal yang penting pada bagian tubuh kita, rambut suatu mahkota yang dapat memberi kesan istimewa bagi penampilan kita, jadi perhatikan rambut kalian dengan selalu merawatnya agar rambut kita senantiasa indah dan lebat selamanya.


Rambut adalah sesuatu yang tumbuh dari akar rambut yang ada dalam lapisan dermis dan melalui saluran folikel rambut ke luar dari kulit. bagian rambut yang keluar dari kulit dinamakan batang rambut. Batang-batang rambut merupakan penempatan sel-sel tanduk yang berbeda dalam panjang, tebal dan warnanya. Rambut tidak mempunyai saraf perasa sehingga tidak terasa saki bila dipangkas (Bariqina & Ideawati, 2001).

Rambut berfungsi sebagai kecantikan, disamping itu rambut juga befungsi sebagai pelindung terhadap rangsang mekanik seperti puklan, gosokan dan tekanan serta ketiga sebagai pelindung terhadap rangsang kimia seperti zat kimia dan keringat. Adapun beberapa tipe rambut adalah:

1.      Rambut ikal
Susun sisik pada kutikula rambut biasanya tak tersusun rapi mendatar karena batang rambut tidak kusam dan frizzy. Untuk menjaga jenis rambut seperti ini selalu terlihat sehat, gunakanlah sampo dan kondisioner yang kaya akan kandungan pelembab. Gantilah sampo dan kondisioner  secara berkala setiap 6 bulan, namun pastikan kamu tetap memakai jenis sampo dan kondisioner yang sama. Hal ini penting dilakukan agar rambut terbiasa dengan kosmetik perawatan yang sama sehingga tidak memberi efek apapun. Biasakan untuk mengeringkan rambut ikal secara alami. Hindari menyisir rambut ikal dalam keadaan kering, karena akan membuat rambut menjadi frizzy.

2.      Rambut keriting
Rambut jenis ini disebut juga rambut afro. Karakter dari rambut ini adalah kering dan kasar, karena itulah jenis rambut ini cenderung  mudah patah dan rusak. Untuk menjaga kondisi agar helaian rambut keriting menjadi lebih halus dan elastis, pijat kulit kepala secara saksama menggunakan kondisioner rambut sebelum keramas untuk merangsang produk kelenjar sebaceous. Gunakan juga kondisioner rambut yang formulanya kaya akan pelembap. Sebulan sekali lakukan perawatan hot-oil. Agar terhindar dari masalah rambut kusut, biasakan menyisir rambut memakai sisir bergigi jarang. Atau gunakan sisir sikat berbulu alami agar helaian rambut menjadi rileks.

3.      Rambut lurus
Batang rambut jenis ini sangatlah lurus. Karena itulah jika rambut dalam kondisi sehat dan prima, sisik rambut pada kutikula rambut akan terusun rapi mendatar, membuat rambut tampak halus dan berkilau. Untuk mempertahankan kondisi rambut bertekstur lurus, gunakan sampo dan kondisioner  yang  sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut. Gunakan pula hair serum secukupnya untuk mempertahankan kekuatan kutikula rambut. Agar terhindar dari masalah rambut bercabang, lakukan pengguntingan ujung-ujung rambut secara berkala.

4.      Rambut kasar
Rambut bertekstur seperti ini biasanya akan terlihat kering  dan kusut, terutama sehabis mencuci rambut. Untuk meningkatkan kondisinya cuci dengan sampo dan kondisioner yang kaya akan pelembab.

5.      Rambut halus
Rambut jenis ini biasanya terlihat bervolume, lemas, lepek setiap habis dicuci. Kondisi ini semakin parah jika kamu memberinya terlalu banyak kondisioner. Agar helaian rambut tampak lebih bervolume, gunakanlah sampo juga kondisioner yang diformulasikan untuk memberikan volume pada rambut secara maksimal pada rambut.

6.      Rambut terkena bahan dan proses kima
Kondisi rambut yang sering atau pernah mengalami perawatan kimiawi, seperti pewarnaan pengeringan atau pelurusan permanen biasanya cenderung kering, kusam dan rapuh. Agar kondisi ini tidak semakin buruk sangat disarankan untuk memakai kosmetik perawatan yang tepat guna. Misalnya pakailah sampo dan kondisioner dengan formula rhydrating. Khusus bagi rambut yang diwarnai, gunakanlah sampo dan kodisioner yang diformulasikan untuk rambut diwarnai agar kelembapan dan elastisitas rambut tetap terjaga dan warna rambut awet.

Setiap orang dan khususnya wanita memiliki rambut yang sehat dan indah merupakan hal yang idam-idamkan. Dengan cara sederhana saja dapat merubah rambut menjadi sehat. Berikut cara merawat rambut  agar tetap sehat

cara jitu merawat rambut alami


1.      Pilih sampo yang tepat
Pakialah sampo yang cocok dengan jenis rambut kita, sampo yang mengandung vitamin E dan nutrisi yang alami. Bila perlu jangan ragu-ragu untuk melakukan perawatan  ala salon dirumah sendiri. Ya  tentu saja dapat menggunakan bahan-bahan alami, seperti secara rutin mengoleskan lidah buaya atau kuning telur yang telah dicampur dengan madu sebelum keramas. Dan jangan lupa setelah didiamkan beberapa saat cucilah sampai benar-benar bersih. 

2.      Hindari menggunakan kondisioner  yang berlebihan
Aktivitas mencuci rambut dengan menggunakan kondisioner akan mempengaruhi kelembaban rambut karena dengan aktivitas tersebut rambut dirangsang untuk memproduksi minyak. jika dialkukan secaa brlebihan maka minyak yang dihasilkan juga akan lebih banyak sehingga justru dapat membuat rambut menjadi rapuh, kusam dan lepek.

3.      Hindari keramas dengan air terlalu panas
Rambut memiliki kadar minyak alami yang berfungsi  untuk menjaga kelembapan dan membuat rambut selalu terlihat berkilau. Jika minyak ini terkena air panas maka minyak tersebut dapat luruh sehingga rambut akan menjadi kusam dan kering.

4.      Hindari penggunaan hairdryer
Jangan karena ingin membuat rambut cepat kering dengan menggunakan hairdryer menjadi suatu senjata andalan anda. Rambut yang sering tekena hairdryer kelembabanya akan berkurang atau bahkan cendrung hilang. Dan yang membahayakan adalah kulit kepala menjadi kering. Untuk mengindari hal tersebut gunakan lah handuk untuk mngerikan rambut anda.

5.      Jangan menyisir rambut yang masih basah
Rambut yang masih basah kekuatannya menjadi kurang atau rapuh, sehingga apabila disisir akan gampang sekali patah. Cara mencegahnya adalah jiak ingin menyisir rambut yang masih basah gunakan sisir yang bergigi besar dan jarang. Jangan sesekali menggunakan sisir yang bergigi rapat serta lakukan dengan perlahan-lahan.

6.      Jangan terlalu sering mengikat rambut
Jika rambut sering diikat akan merusak ketahanan rambut, apalagi jika rambut dalam kondisi basah. Ingatlah bahwa rambut basah itu kekuatannya berkurang. Selain itu rambut yang diikat dalam kondisi basah menjadi lembab dan menyebabkan tumbuhnya jamur yang dapat mengakibatkan kepal menjadi gatal. Apabila dibiarkan terus-menerus maka akan berakibat infeksi pada kulit.

7.      Kurangi kegiatan styling
Kegiatan yang dilakukan disalon yang menggunakan bahan kimia seperti bleaching, smooting, coloring lama kelamaan merusak struktur rambut dan dapat merusak rambut.
8.      Potonglah ujung rambut  yang bercabang
Jangan lupa memotong ujung rambut yang bercabang. Supaya mengurangi kerusakan rambut yang lebih parah.

9.      Konsumsi makanan yang sehat
Mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung protein dan zat besi. Bila anda sedang mengikuti program pengurangan berat badan, perhatikan kandunagn nutrisi diet anda. Kurangi konsumsi kafien dan hentikan kebiasaan merokok. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat akan membawa dampak positif bagi tubuh kita. Kemudian dengan asupan berbagai macam vitamin dan nutrisi yang seimbang akan menjadi indah, kuat dan berkilau serta badan menjadi sehat dan bugar.

10.  Gunakan pelindung kepala
Dengan memakai pelindung kepala saat beraktivitas di luar ruangan dapat mengurangi pancaran sinar matahari yang mengenai rambut kita, sehigga mengurangi kerusakan pada rambut.
11.  Olahraga
Ranjinlah berolahraga Karena olahraga yang teratur akan memperlanacar peredaran darah, termasuk peredaran darah ke kulit kepala yang dapat memperlancar pertumbuhan  rambut.

Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 5:36 AM