Friday, April 29, 2016

Menghilangkan Komedo Secara Alami



cara hilangkan komedo dengan bahan alami

Menghilangkan Komedo Sedara Alami, Memiliki wajah yang mulus dan bebas komedo merupakan keinginan semua wanita di muka bumi ini, namun pada kenyataannya tidak semua wanita yang memiliki wajah dengan kulit yang mulus. Ada banyak masalah yang sering menghampiri salah satunya adalah komedo, komedo dapat membuat malu dan minder saat bertemu orang lain.


Komedo merupakan masalah yang disebabkan oleh pengaruh hormon dan permukaan wajah yang tidak bersih serta berminyak. Jika wajah anda berminyak maka sudah pasti komedo akan banyak bermunculan pada wajah anda salah satu tempat yang sering berkomedo adalah pada bagian yang keras seperti pada hidung. Komedo muncul diwajah dikarenakan minyak pada wajah yang bersifat lengket sehingga menyebabkan debu dan kotoran saat beraktivitas dapat terperangkap dengan mudah dan kemudian masuk kepori-pori sehingga menciptakan beragam masalah seperti contoh komedo dan jerawat.

Selain itu komedo dikarenakan pori-pori yang tertutup oleh kuman, atau sel kulit mati dan minyak yang berlebih, sehingga dapat menimbulkan tonjolan kulit putih atau hitam kecil diwajah. Bahkan tidak jarang yang mengalami masalah komedo isinya cacing. Wah mengerikan sekali ya?

Untuk menghilangkan komedo kamu bisa menggunakan produk obat-obatan yang dijual bebas dipasaran, namun kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara menghilangkan komedo secara sederhana dan sehat dengan menggunakan bahan alami yang pastinya aman dan mudah di dapatkan. Berikut cara menghilangkan komedo secara sederhana dan alami:

1.      Pasta Gigi

Pasta gigi ini sangat mudah untu di dapatkan, Setiap orang pasti punya pasta gigi dirumahnya. Namun siapa sangka ternyata pasta gigi sangat ampuh untuk mengatasi komedo. Nah mungkin bagi anda pasta gigi terdengar aneh dan tak masuk akal tapi bagi anda yang tidak percaya bisa langsung di coba sendiri dirumah.

Cara menggunakannya:

a.       Siapkan pasta gigi secukupnya, usahakan herbal dan mint dan 1 sdt garam
b.      Campurkan kedua ramuan tersebut dan aduk secara merata
c.       Bilas wajah dengan air hangat supaya membuka pori-pori
d.      Oleskan campuran tersebut pada wajak yang berkomedo
e.       Biarkan sampai pasta gigi mengeras dan kering
f.       Kemudian pijat wajah yang sudah dilumuri pasta gigi secara lembut
g.      Setelah itu bilas menggunakan air dingin sampai bersih

2.      Lemon 

Lemon merupakan salah satu keluarga jeruk, cuman ia memiliki rasa yang lebih masam dari jeruk pada umumnya. Meski demikian, lemon tenyata mengadung vitamin C dan zat asam yang dapat membantu mengangkat komedo. Buah ini sangat cocok untuk menghilangkan komedo hitam yang membandel.

Cara melakukannya:

a.       Siapkan buah lemon segar 1 saja belah menjadi 2 bagian
b.      Bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan rileks
c.       Gosok potongan lemon keseluruh area wajah trutama yang ada komedonya
d.      Diamkan selama 5-10 menit meski terasa agak perih
e.       Setelah meresap, bilas dengan air dingin hingga bersih
f.       Jika pertumbuhan komedo anda terbilang cepat, lakukan dua kali sehari.

3.      Lidah Buaya

lidah buaya untuk hilangkan komedo

Semua orang tentu sudah tahu manfaat luar biasa lidah buaya. Lidah buaya juga memiliki khasiat sebagai anti bakteri dan anti inflamsi sehingga ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah. Baik komedo hitam atau pun putih, semuanya bisa di hilang dengan lidah buaya.

Cara menggunakannya:

a.       Sediakan lidah buaya secukupnya, usahakan yang baru dipetik.
b.      Potong beberapa bagian, lalu ambil gel di dalamnya
c.       Bersihkan muka kamu dengan sabun khusus agar kotoran tak mengahambat
d.      Setelah itu oleskan lidah buaya secara merata, kemudian diamkan sampai kering
e.       Bilas dengan menggunakan air hangat sampau bersih dan lihat hasilnya

4.      Madu

Khasiat madu untuk kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagi. Madu juga sangat ampuh untuk mengatasi komedo. Cara menggunakannya adalah:

a.       Siapkan 1 sdm madu
b.      Lalu hangatkan madu, setelah hangat oleskan madu tersebut di area wajah yang berkomedo
c.       Diamkan beberapa menit
d.      Bilas dengan air hingga bersih

5.      Es Batu

Ternyata es batu tidak hanya dapat digunakan untuk membuat es segar saja. tetapi juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo, es batu sangat dingin yang dapat meringkas pori dan meminimalisir keluarnya minyak berlebih dibagian pori wajah. Cara menggunakannya:

a.       Siapkan madu, seduhan teh hijau dan perasan lemon secukupnya
b.      Campurkan bahan-bahan tadi menjadi satu kemudian tambahkan sedikit air
c.       Masukkan keddalam lemari pendingin sampai berbentuk es batu keras.
d.      Ambil dan gosokkan secara merata kearea komedo. Bila perlu lakukan es batu samai habis.

6.      Kayu Manis

Bubuk kayu manis dapat menghiangkan komedo. Agar hasilnya semakin mantap campurkan bubuk kayu manis dengan jeruk lemon dan kunyit. Cara menggunakan:

a.       Siapkan bubuk kayu manis seperlunya
b.       Campurkan dengan perasan lemon dan bubuk kunyit, usahakan membentuk pasta
c.       Oleskan merata keseluruhan bagian komedo, lalu pijat selam 10 detik
d.      Diamkan kuarang lebih 20 menitan, setelah kaku bilas air hangat

7.      Garam

Garam merupakan salah satu bahan wajib saat memasak. Semua orang tentu sudah mengenal garam.  Tenyata bahan hasil laut ini memiliki kandungan yodium tinggi dapat membantu mengangkat komedo. Namun agar kulit tak mengalami iritasi sebaiknya hentikan pemakaian setelah komedo hilang.

Cara menggunakannya:

a.       Sediakan garam secukupnya, lalu haluskan dengan menumbuk
b.      Tambahkan sedikit air perasan lemon sampai garam larut
c.       Gosokkan perlahan ke area komedo selama 10 detik diamkan sejenak lebih kurang 30 menitan, lalu bilas dengan air hangat.

8.      Kulit jeruk 

Mungkin banyak orang mengira bahwa kulit jeruk itu tak bermanfaat. Namun pada keyataannya kulit jeruk dapat menghilangkan komedo secara alami. Disini ada dua metode yang bisa kamu coba dengan kulit jeruk.

Pertama kamu bisa langsung menempelkan bagian dalam kulit jeruk ke daerah komedo, dijamin kemudian komedo dapat terangkat. Cara kedua kamu bisa membuat scrub, caranya haluskan kulit jeruk lalu campurkan dengan gula pasir. Kemudian gunakan untuk menggosok bagian komedo.

9.      Pala

Menggunakan pala untuk merawat kulit mungkin masih terdengar asing bagi  sebagian besar orang indonesia. Namun dinegara lain pala sudah banyak dimanfaatkan sebagai masker penghalus kulit. Selain menghaluskan kulit campuran pala dan susu juga terbukti cukup baik untuk menghilangkan komedo yang membandel di wajah. Oleh sebab itu jangan ragu lagi menggunakan bahan tradisional ini. Cara menggunakannya:

a.       Campurkan bubuk pala dan susu hingga berbentuk adonan pasta
b.      Selanjutnya bersihkan area wajah dengan air hangat terlebih dahulu
c.       Oleskan campuran tadi secara merata terutama pada bagian komedo beri pijatan lembut selam 10 detik
d.      Agar bekerja secara maksimal, diamkan kurang lebih 20 menitan. Kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih

10.  Baking Soda

Mungkin kamu ketahui baking soda untuk membuat kue atau roti. Namun siapa sangka, sifat abrasifnya yang tinggi dapat membantu mengatasi komedo membandel diwajah. Baking soda akan menyerap kelebihan minyak yang terkandung dalam kulit wajah, menghapus bakteri saat menghilangkan komedo yang membandel. Agar tak mengalami iritasi dan peradangan, sebaiknya hentikan pemakaian jika komedo sudah hilang. Sebab penggunaan baking soda  berlebih sangat berbahaya. Cara menggunakannya:

a.       Larutkan baking soda seperlunya dengan air hangat membentuk pasta
b.      Gosokkan keseluruh bagian komedo secara merata
c.       Diamkan sekitar 20 menit atau hingga mengering dan kaku, lalu bilas air hangat sampai bersih.

11.  Putih Telur

Menghilangkan komedo dengan masker putih telur sangatlah ampuh. Seperti kita ketahui bersama, telur termasuk salah satu sumber protein terbaik. Nah kandungan protein inilah yang berkhasiat menghilangkan komedo dan yang lebih menariknya lagi masker putih teour juga berguna untuk menegcangkan kulit.

Cara menggunakannya:;

a.       Kocok putih telur seperlunya saja, lebih baik gunakan telur ayam kampung atau bebek agar lebih sehat
b.      Setekah membusa campurkan sedikitperasan jeruk nipis supaya amisnya tak menyengat
c.       Gunakan kuas untuk mengoleskan keseluruh bagian wajah. Tepatnya pada daerah yang berkomedo, beri pijatan lembut selam 10 detik agar terangkat
d.      Setelah agak teras kaku di wajah, bilas masker tadi dengan air hangat, agar bau aminnya hilang kamu juga bisa membersihkan dengan facial foam.

12.  Kacang Kedelai

Kacang kedelai hampir sama dengan putih telur, kacang kedelai juga mengandung protein tinggi. Bedanya protein dalam kacang kedelai bersifat nabati sedangkan putih telur hewani. Selain mengandung protein, kacang kedelai juga di perkaya serat terlarut yang bisa membantu menganggkat kotoran di pori, flek hitam, bakteri dan bahkan komedo membandel. 

Cara menggunakannya:
a.       Haluskan kacang kedelai seperlunya, agar lebih mudah gunakan blender
b.      Gosokkan halusan kacang tersebut kearea komedo
c.       Diamkan menempel selama 10 menitan, lalu bilas dengan air hangat.

13.  Gandum

Bagi ibu rumah tangga gandung bukanlah hal asing lagi. Gandum dapat bermanfat untuk membantu mengatasi komedo membandel di wajah. Selain komedo gandum juga dapat memutihkan kulit secara alami karena mengandung B1 yang lumayan tinggi. Cara menggunakannya:

a.       Siapkan gandum kualitas terbaik secukupnya
b.      Campur dengan air hangat hingga membentuk adonan mirip pasta
c.       Oleskan kearea wajah yang sudah beersih
d.      Diamkan kurang lebih 15-20 menit, lalu bilas sampai bersih.

14.  Gelatin dan Susu

Gelatin dan susu bisa menjadi scrub yang efektif untuk membersihkan komedo. Gelatin memiliki sifat lengket yang dapat mengankat komedo membandel di pori terdalam. Bahkan dengan penggunaan rutin, wajah kamu akan tampil lebih cerah alami. Cara menggunakannya:

a.       Campurkan 1 sendok bubuk gelatin dengan 1,5 endok makan susu kedalam mangkuk anti panas.
b.      Masukkan kedalam microwave kurang lebih 10 detik.
c.       Oleskan campuran tadi dengan menggunakan kuas merata keseluruh bagian komedo
d.      Diamkan selama 10-20 menitan agar meresap, lalu angkat sedikit demi sedikit geltin tadi.

15.  Uap Panas

Uap panas dapat membantu terbukanya pori-pori wajah. Apabila sudah terbuka, maka komedo dan kotoran didalamnya sangat mudah sekali hilang, selain menghilangakan komedo uap juaga ampuh untuk mengatasi kerutan tanda penuaaan dini. Cara menggunakannya:

a.       Didihkan air secukupnya, usahakan sampai mengeluarkan buih-buih
b.      Tuangkan air mendidih tersebut ke baskom atau wadah lain
c.       Dekatkan wajah tepat diatas air panas hingga terkena uapnya
d.      Sambil mendekatkan gosok perlahan area wajah terutama hidung
e.       Bilas dengan memakai air dingin sampai bear-benar bersih.

      Selain cara diatas hal yang perlu diketahui juga adalah untuk membisakan diri untuk senantiasa bergaya hidup sehat. Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa gaya ataupun pola hidup sehat sangat berpengaruh dalam hidup kita. Pola hidup sehat selain bermanfaat untuk tubuh juga bermanfaat mengurangi komedo di wajah kita. Oleh karena itu usahakan untuk dapat senatiasa  memberikan tubuh dengan asupan makanan yang bergizi dan juga mengistirahatkan anggota badan dengan cara yang pas atau dengan istirahat yang cukup.

Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 8:39 PM