Friday, April 22, 2016

Penis Pria Ereksi Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya



penis ereksi di pagi hari saat bangun tidur

Penyebab Penis Pria Ereksi Saat Bangun Tidur,  Bagi para pria pasti pernah mengalami saat bangun tidur di pagi hari tiba-tiba menemui penisnya berdiri dengan sendirinya dan mengalami ereksi. Sebagian besar dari kita mungkin bingung kenapa hal ini bisa terjadi padahal tidak ada rangsangan seksual yang menyertai bangunnya Mr. P ini sebelumnya.


Para dokter terutama di bidang kedokteran seksual mengungkapkan persoalan berdirinya Mr. P ini menjadi penanda penting. Jumlah kriteria yang harus dipenuhi seseorang untuk bisa dikatakan dalam kondisi bugar dan subur. Salah satunya masih menyalanya gairah seksual. ini terjadi akibat adanya hormon seksual testosteron.

Prof. wimple pangkahilan, Sp.And, seksolog dari Universitas Udayana, Bali, mengungkapkan ereksi di pagi hari pertanda bahwa hormon seks testosteron yang dikeluarkan di malam hari masih tersisa di pagi hari. Nah  anda masih mempunyai hormon ini, tak heran jika ereksi ini tidak perlu didahului dengan perangsangan dan nafsu birahi.  

Menurut wimpie, adanya hormon ini sangat penting bagi pria, karena hormon inilah para pria masih bisa bergairah seksual, sekaligus menandai kesehatan secara umum. Bila hormon ini berkurang, gairah seksual berkurang maka kemampuan ereksi pun surut dan kesehatan secara umum tak optimal.

Menurut Sarlito wirawan, psikolog, sebagian pria khususnya yang memilki libido tinggi cenderung ingin melakukan hubungan seks segera setelah bangun tidur. Meskipun hal itu tidak dilakukannya etiap hari. Dengan demikian, tidak semua pria otomatis ingin melakukan hubungan seks setelah bangun tidur di pagi hari. Sebagian pria biasa saja, walaupun mereka juga mengalami  ereksi di pagi hari (morning erection). Faktor kadar libido, usia dan aktivitas sehari-hari mempengaruhi ada tidaknya hasrat seksual dipagi hari.

Ereksi di pagi hari yang dialami pria secara medis disebut dengan Nocturnal Penile Tumescence Atau disingkat dengan NPT. Ereksi ini biasanya terjadi dengan spontan tanpa disadari oleh pria bahkan bisa terjadi hingga empat kali selama pria tertidur dan biasanya yang terakhir akan belanjut saat bangun tidur hingga melakukan buang air kecil. Ereksi di pagi hari bisa dimulai pria berusia anak-anak. Beberapa pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi ereksi ini disebabkan oleh tekanan air seni yang biasanya berjumlah cukup banyak di pagi hari dan menekan pembuluh darah vena yang menyebabkan darah pada penis kembali ke jantung dan membuat ereksi pada penis sehingga bertahan hingga pria terbangun.

NPT merupakan peristiwa psikologis yang normal. Hal ini terjadi selama tidur. Gerakan mata cepat atau Rapid Eye Movement (REM) yaitu tahap tidur di saat terjadi mimpi. Hal ini akan meningkatkan laju respirasi dan aktivitas otak serta otot menjadi lebih rileks yang ditandai dengan gerakan bola mata yang cepat. ereksi di pagi hari berkaitan dengan  Fase tidur atau REM berarti adanya aktifitas sel-sel pada otak yang berkurang selama waktu tidur dan pada akhirnya kadar hormon meningkat,  hal  inilah yang menyebabkan pria mengalami ereksi di pagi hari. Jika pria terbangun dalam REM maka pria tersebut akan menglami ereksi sekitar 20 menit.

Fase tidur penyebab penis ereksi pagi hari

 Mengapa bisa terjadi pada fase tidur REM? Inilah penjelasannya:

1.      Di otak terdapat noradrenergic cells di locus corealus area ini mengandung hormon norepinefrin (noradrenalin) yang merupakan neurotransmitter sistem simpatis. Padahal sitem simpatis bila dominan akan menyebabkan vasokontrisi sehingga kalau terjadi di penis akan menghambat aliran darah dan tentu saja bersifat menghambat ereksi.

2.      Hormon testosteron dapat menstimulasi ereksi testosteron menstimulasi pembentukan nitrit okside (NO) yang berperan dalam relaksasi otot polos vaskuler dan jaringan erektil penis (corpus cavernosum dan spongiosum). Relaksasi ini akan meningkatkan aliran darah ke penis sehingga terjadi proses ereksi. Meningkatnya kadar testosteron terjadi pada tengah malam hingga faja. Kadar testosteron mencapai puncaknya sekitar pukul 5-8 pagi.

3.      Kadar testosteron tertinggi pada pukul 05.00-08.00 kadar testosteron bervariasi dalam satu hari dan paling tinggi pada pagi hari. Variasi harian antara pagi dan sore hari pada pria muda lebih signifikan daripada pada orang tua. Kadar testosteron pada pria akan meningkat pesat pada saat pubertas, mencapai puncak pada usia 25-30 tahun dan mulai menurun setelah usia 30 tahun.

4.      Pada tidur fase REM terjadi penghentian aktivitas noradrenergic cell perubahan aktivitas otak pada fase REM salah satunya berefek pada switching off aktivitas noradrenergic dalam menghambat ereksi. Karena yang menghambat sudah berkurang maka ereksi karena pengaruh testosteron dapat berlangsung lebih lancar. Nah kombinasi kadar testosteron yang tertinggi pada pagi hari, berkurangnya penghambat ereksi di otak mungkin menyebabkan ereksi penis terjadi di pagi hari yang paling keras, walaupun awal terjadinya pada saat tidur REM tapi efek masih ada saat bangun tidur.

Selain itu NPT dipicu oleh pelepasan nitrat oksida sehingga otot-otot menjadi lebih rileks. Pelepasan zat ini akan membuat pembuluh darah melebar, akibatnya aliran darah kebagian penis lebih lancar dan  terjadilah ereksi. 

Terjadinya ereksi di pagi hari memiliki manfaat positif salah satunya adalah mencegah terjadinya disfungsi ereksi alias impoten. Kualitas ereksi yang bisa dialami di pagi hari juga bervariasi, mulai dari yang hanya membesar sampai bisa kaku. Sesudah terbangun dengan ereksi penis yang kerasi, sebagian akan langsung pergi ke kamar mandi dan buang air kecil lalu ereksinya menghilang.

Pakar kesehatan menyebutkan jika ereksi di pagi hari justru menandakan bahwa pria mengalami kondisi ereksi yang baik sehingga tidak menunjukkan adanya masalah impotensi. Jika saat bangun tidur pria mengalami ereksi dan rasa ingin buang air kecil yang sangat kuat, segerakanlah untuk membuang air seni tersebut yang bisa menjaga kesehatan kandung kemih serta ginjal.

Penis selalu ereksi di pagi hari ternyata ada beberapa manfaat didalamnya. Manfaat Mr. P selalu tegang ereksi di pagi hari adalah untuk mencegah pria dari keadaan ngompol, sebab kondisi kandung kemih akan penuh pada waktu pagi hari sehingga ereksi membuat penis bisa terangkat akan menghindarkan pria dari kebiasaan ngompol di waktu kecil. Selain itu manfaat lain yang didapat dari penis selalu ereksi di pagi hari adalah untuk menyehatkan bagi tubuh di karenakan ereksi juga akan menghasilkan oxygenation yang membantu perbaikan organ seksual itu sendiri dan mempertahankan fungsinya. Jadi anda pun sebaiknya tidak mengkhawatirkan hal ini. Justru anda harus khawatir ketika penis anda tidak bisa berdiri dan ereksi di pagi hari.

Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 9:27 PM