Tuesday, April 5, 2016

Selangkangan Hitam, Ini Solusinya

obat selangkangan hitam

Selangkangan Hitam, Secara anatomi kulit kita yang berada di daerah lipatan sering tampak berwarna hitam, seperti leher, selangkangan, lutut, siku, dan ketiak. Jika kulit pada selangkangan kita berwarna hitam itu tak begitu masalah untuk penampilan kita, karena tidak dapat dilihat oleh orang lain. Akan tetapi bagi anda yang telah memiliki suami tentunya akan membuat kurang percaya diri. Dan suami anda akan merasa senang jika kulit pada selangkangan anda mulus.

Daerah selangkangan berwana hitam didalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi dapat disebabkan bebrapa faktor diantaranya adalah kurang terjaga kebersihan atau sering terkena gesekan dan bisa juga disebabkan oleh luka atau peradangan yang sering disebut dengan hipermegmentasi pasca inflamasi.  Adapun penyebab kulit selangkangan berwana hitam adalah sebagai berikut:

1.      Gesekan kulit
Penyebab yang paling sering adalah karena gesekan pada kulit. Hal ini sering terjadi di selangkangan karena sering menggunakan celana yang ketat. Misalnya anda berjalan  maka kulit disekitar selangkangan bergesekan sehingga lama-lama warnanya akan menjadi lebih tua dibandingkan dengan kulit lainnya. Apalagi jika di kombinasikan dengan keringat sehingga warna pada selangkangan akan lebih cepat mennghitam.

2.      Penyakit dabetes
Penyakit diabetes seringkali menyebabkan ganguan berupa penebalan kulit, misalnya penebalan di daerah selangkangan, punggung atas dan belakang leher. Penebalan ini disebut juga dengan scleredema diabeticorum. Hal ini disebabkan oleh resistensi insulin pada lipatan kulit selangkagan menjadi gelap.

3.      Akibat garukan
Pernahkah anda merasa gatal-gatal di selangkangan lalu anda garuk. Garukan tersebut dapat menyebabkan bekas luka kecil yang terlihat di mata. Bila selangkangan anda gatal, sebaiknya jangan digaruk tapi diusap dengan jari, tissue atau kain yang bersih.

4.      Hiperpigmentasi post inflamasi (HPI)
Hiperpigmentasi post inflamasi  adalah kondisi kelainan pigmen kulit. Pigmen kulit adalah zat waran kulit. Ketika terjadi HPI, pigmen kulit meningkat kadarnya sehingga menyebabkan daerah selangkangan berubah warna menjadi lebih tua.

5.      Alat cukur Pisau/silet cukur
Seringkali mencukur rambut di kemaluan kita. Secara tidak sengaja kita mecukur bulu-bulu halus di daerah pangkal paha. Akibat dari mencukur daerah sekitar selangkangan inilah kadang bisa menyebabkan kulit selangkangan menghitam. Jadi kita harus hati-hati ketika mencukur bulu kemaluan di sekitar selangkangan, karena pisau cukur dapat menyebabkan luka kecil yang tak bisa dilihat oleh mata. Luka kecil inilah yang membuat selangkangan menjadi hitam.

6.      Hormon 
Ganguan hormon bisa mempengaruhi gangguan warna lipatan kulit misalnya di selangkangan dan ketiak. Gangguan ini khusus terjadi pada gangguan hormon seperti gangguan kelenjar tiroid.

7.      Daerah selangkangan lembab
Kondisi area selangkangan yang lembab dapat menyebabkan penghitaman kulit. Kondisi yang lembab tersebut akan memicu rasa gatal di kulit , apabila rasa gatal tersebut digaruk maka akan menimbulkan iritasi dan menyebabkan selangkangan menjadi hitam.

8.      Jamur
Adanya jamur disekitar selangkangan akibat kurang menjaga kebersihyan dan area selangkangan yang dibiarkan basah. Jamur menyebabkan rasa gatal yang apabila digaruk akan menimbulakan noda hitam.
9.      Kegemukan
Orang yang menderita obesitas dengan paha yang besar akan menyebabkan sering terjadinya gesekan pada kulit sehingga mengakibatkan selangkangan menjadi hitam.
10.  Usia
Seiring bertambahnya usia pigmen kulit bertambah. Tidak tekecuali pada pigmen di selangkangan.
   
Cara mencegah agar selangkangan tidak menjadi hitam

1.      Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat. Hindari menggunakan pakaian yang terbuat dari nilon dan spandek. Sebaiknya gunakan pakaian yang terbuat dari bahan katun.
2.      Jaga kelembapan selangkangan, jangan biarkan area selangkangan basah terlalu lama atau menjadi lembab. Setelah mandi pastikan agar lipatan paha kering.
3.      Hindari pemakaian krim pemutih. Jika kalian ingin mencoba menggunakan krim pemutih pastikan bahwa produk tersebut aman dan sudah mendapatkan izin yang resmi dan asli.

Cara memutihkan kulit selangkangan hitam

1.      Tawas
Caranya adalah dengan melautkan tawas dalam air hangat lalu benamkan handuk kedalamnya dan gunakanlah handuk tersebut untuk mengompres kulit selangkangan yang gelap atau bisa dengan menggosokkan ke area selangkangan. Lakukan dengan lembut agar tidak menyakiti kulit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal lakukan selama dua minggu secara berturut-turut.

2.      Ketimun dan lemon
Caranya: parut buat ketimun kemudian campur dengan buah lemon yang sudah dihaluskan. Kemudian aduk kedua bahan lalu usapkan pada bagian selangkangan sampai merata. Diamkan selama dua puluh menit lalu cuci dengan air hangat hingga bersih.

3.      Jeruk nipis dan kapur sirih
Caranya:
Campur kapur sirih dan perasan jeruk nipis sampai tercampur menjadi satu kemudian usapkan secara merta pada bagian selangkangan anda yang warnanya hitam. Lakukan cara ini secara rutin agar hasil yang anda dapatkan lebih membutuhkan waktu  yang singkat.

4.      Yogurt
Cara menghilangkan bekas hitam diselangkangan dengan memakai yogurt . untuk memutihkan daerah selangkangan anda dapat menggunakan yogurt plain yang segar. Caranya: oleskan dan pijat kulit selangkangan yang telah diolesi dengan yogurt secara perlahan-lahan, tunggu beberapa menitd bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5.      Lidah buaya
Cara menghilangkan kulit hitam diselangkangan dengan membaurkan lendir lidah buaya, lalu memijatnya dengan lembut selama beberapa menit dan biarkan lendir lidah buaya kering lalu dibilas dengan air bersih.lendir lidah buaya bersifat antibakteri, antioksidan dan anti inflamasi yang baik untuk mengatasi masalah kulit tidak terkecuali mencerahkan kulit berwarna hitam di selangkangan.

6.      Minyak kelapa
Ternyata minyak kelapa dapat membantu anda mencerahkan selangkangan.
Caranya: oleskan minyak kelapa tepat di selangkangan anda. Lalu diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

7.      Kunyit
Caranya: kunyit dibersihkan telebih dahulu, kemudian tumbuklah sampai halus. Barulah anda balurkan ke selangkangan anda dengan posisi tidur agar kunyit tidak jatuh ke lantai. Diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap hari agar hasilnya maksimal.

8.      Minyak zaitun
Minyak zaitun juga dapat mencerahkan selangkangan anda.
Caranya: dengan membersihkan bagian selangkangan anda lalu oleskan minyak zaitun di bagian selangkangan secara merata. Diamkan saja sampai anda tidur kemudian pagi harinya barulah dibilas.

9.      Bahan Makanan
Selain bahan alami diatas bisa juga dengan menggunakan bahan makanan. Kulit dan rambut terbuat dari protein dan karena itu pola makan yang baik akan membantu anda menjaga kulit anda sehat. Ada beberapa makanan untuk meningkatkan warna kulit dan ketika anda mengonsumsi ini kulit anda tidak hanya akan lebih ringan tetapi juga akan memiliki tekstur dan tone yang lebih baik.

a.    Makanan terbaik untuk kulit adalah lemon, kemudian vitamin c dan asam nitrat membantu mencerahkan kulit. Anda dapat mengnsumsi air jeruk nipis untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.
b.      Makanan lain yang bermanfaat untuk kulit gelap adalah ekstrak bilberry, buah ini mengandung tanin dan anti oksidan yang keduanya bermanfaat bagi kulit.
c.       Pepaya kaya akan vitamin A dan juga banyak diguunakan untuk perawatan kulit dan keringanan kulit. Kedua danging buah pepaya ekstrak dari biji pepaya dapat digunakan untuk meringankan warna kulit anda.
Itulah tadi cara mengatasi kulit berwarna hitam pada selangkangan semoga dapat bermanfaat.

Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 6:29 AM