Sunday, May 15, 2016

8 Cara Membersihkan Wajah Setelah Make Up



cara membersihkan wajah setelah make up

Cara Membersihkan Wajah Setelah Make up, Wanita pada dasanya memang tidak bisa terlepas oleh make up. Hal ini terlihat dari banyaknya wanita yang selalu menggunakan make up dalam kesehariannya baik itu hanya di rumah, jalan-jalan maupun pergi kekantor. Alasan mereka pun hampir semua sama yaitu untuk mempercantik penampilannya agar lebih percaya diri. Menggunkaan make up memang tidak ada larangan asalkan masih dalam tahapan yang wajar.


Make up atau kosmetik yang terlalu lama menenpel di wajah dapat membuat kulit wajah lelah dan menimbulkan efek yang tidak baik bagi kulit, diantaranya membuat kulit iritasi/kemerahan, kering, mudah berkerut, pori-pori wajah menjadi besar serta menyebabkan komedo dan jerawat. Oleh karena itu, membersihkan wajah setelah seharian beraktivitas dengan make up sangatlah penting dan harus benar-benar bersih, tidak meninggalkan sisa make up di wajah. Membersihkan wajah setelah  make up yang benar menjadi suatu hal yang utama yang patut di cermati oleh wanita. Tidak sedikit wanita yang tidak tahu bagaimana cara membersihkan wajah setelah memakai make up. Padahal kesalahan ketika membersihkaan make up justru akan menimbulkan masalah bagian kulit. Berikut beberapa cara membersihkan wajah setelah make up yang benar  yang perlu anda ketahui :

1.      Cuci tangan telebih dahulu sebelum anda membersihkan make up yang melekat pada wajah dan mata. Cucilah tangan menggunakan sabun hingga tangan anda benar-benar bersih dari debu dan kotoran, karena debu dan kotoran yang di bawa oleh tangan menempel pada alat pembersih make up dan kulit anda sehingga dapat mengundang timbulnya bakteri penyebab masalah kulit.

2.      Sebelum memulai untuk membersihkan wajah yang telah memakai make up sebaiknya anda mengompres wajah terlebih dahulu. Gunakan handuk yang sebelumnya sudah anda rendam dalam air hangat, peras handuk tersebut kemudian tempelkan pada wajah. Handuk yang masih dalam keadaan hangat akan membantu membuka pori-pori wajah sehingga sisa make up yang terdapat dalam pori-pori dapat mudah terangkat.

3.      Bersihkan make up yang menempel pada bagian mata terlebih dahulu seperti maskara, eye shadow dan eye liner. Riasana yang menempel pada mata harus dibersihkan secara perlahan dan detail agar tidak ada satu pun sisa make up yang tertinggal pada mata sehingga membuat kulit ada area mata mudah mengalami masalah seperti kulit keriput dan kering. Anda dapat menggunakan minyak almond, baby oil dan minyak zaitun untuk membantu membersihkan make up yang ada pada mata anda. Membersihkan make up yang ada pada mata menggunakan minyak almond memang sudah cukup populer. Apabila anda menggunakan minyak almond ini untuk membersihkan make up maka pilihlah minyak yang organik murni. Caranya yaitu, ambillah kapas khusus untuk make up lalu teteskan minyak almond dan oleskan di area mata. Anda harus menjaga mata anda agar tetap terpejam agar mata anda tidak terkena minyak almond.

4.      Setelah membersihkan make up pada mata barulah anda dapat membersihkan make up yang ada pada wajah anda. Make up yang dikenakan di daerah wajah misalnya bedak, foundation dan blus on. Make up ini apabila tidak di bersihkan secara sempurna maka akan mengendap pada kulit sehingga jerawat akan muncul. Anda dapat memulai dengan meyapukan kapas yang sudah di beri pembersih wajah khusus mulai dari bagian pipi, dagu, dan jangan lupa bagian leher, anda bisa menggunakan produk-produk tetentu sebagai pembersih wajah yang cocok untuk kulit ada.

5.      Membersihkan wajah dengan sabun, ada yang perlu diperhatikan bila anda menggunakan meode ini. Pertama cek apa jenis kulit anda karena berpengaruh pada jenis sabun yang anda butuhkan. Bla wajah anda kering dan kusan, pilih sabun dengan hyaluronic acid yang biasanya mampu melembabkan kulit. Bila pori anda mudah kasar dan menumpuk komedo pilih sabun dengan scrub lembut.

6.      Membersihkan wajah dengan petroleum jelly
Teknik bagus bagi anda yang tidak cocok dengan menggunakan sabun. Biasanya karena kulit mudah kering atau sensitif pada produk pembersih tertentu. Pertama oleskan petroleum jelly pada wajah anda secukupnya. Ratakan sedikit lakukan massage. Anda juga bisa mengoleskan nya pada kelopak mata yang menggnkan eyeshadow maupun bulu mata yang menggunakan maskara. Petroleum jelly mampu meluruhkan make up tersebut sehingga mudah di bersihkan. Selanjutnya gunkan tisu basah untuk membersihkan. Letakkan pada wajah, tekan sebentar kemuudian gosok perlahan. Lihat hasilnya, kotoran dan make up terangkat dengan bak dan wajag lebih segar.

7.      Membersihkan wajah menggunakan susu pembersih. Susu pembersih berfungsi membersihkan kotoran hingga ke dalam pori-pori. Aplikasikan sedikit dan pijat seluruh wajah. Anda bisa menggunkan kapas yang di beri toner untuk membersihkan susu tersebut atau menggunakan tisu basah yang lebih praktis dan segar.

8.      Membersihkan wajah dengan menggunakan baby oil. Baby oil ini digunakan oleh mereka yang memilki kulit sensitif. Dengan menggunakan baby oil kulit wajah tak mudah kering. Namun setelah membersihkan dengan  metode ini ada baiknya segera mencuci wajah dengan air hangat.Baby oil juga bisa sisa make up dengan cara aman dan tidak membuat pori-pori tersumbat. Pulaskan di kapas kemudian gunakan untuk membersihkan sisa make up di wajah, perlahan saja dengan gerakan ringan dan berputar, maka sisa make up akan menempel di kapas dengan sempurna.

Setelah anda membersihkan wajah dengan pembersih wajah jangan lupa untuk membilasnya dengan menggunakan air. Jika dirasa seluruh bagian wajah sudah benar-benar terbebas dan bersih dari make up. Bilas wajah menggunakan air bersih dan dingin untuk menutup kembali pori-pori yang terbuka selama proses membersihkan make up, selain itu dengan membilas wajah menggunakan air dingin tersebut akan membuat wajah kembali terlihat segar.

Wajah yang sudah bersih dan di bilas sebaiknya di keringkan dengan menepuk bagian wajah secara perlahan menggunakan handuk dengan tekstur yang lembut. Hindari mengelap wajah dengan kasar dan menggunakan handuk seadanya. Handuk dengan tekstur lembut, halus, dan memiliki daya serap tinggi berfungsi untuk menyerap sisa air pada wajah sehingga wajah akan kembali kering dengan cepat. Setelah seluruh proses membersihkan wajah selesai anda lakukan, gunakan krim khusus untuk melindungi kulit anda agar selalu terjaga kelembabannya.
Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 7:43 AM