Friday, October 28, 2016

Cara Cepat Tidur



Tidak sedikit orang yang sulit untuk tidur. Memerlukan waktu cukup lama buat mereka untuk tidur nyenyak. Artikel ini akan memberikan tips cara cepat tidur untuk anda yang punya masalah susah tidur. Jika maunya kita, saat kita berbaring sambil memeluk guling yang empuk dan dingin, kita langsung tertidur. Tetapi terkadang sudah 10 menit bahkan hingga 1 jam, kita gagal untuk tertidur. Akhirnya pikiran jadi kemana-mana, menghayal dan tentunya akan membuat kepala menjadi pusing serta rasa yang sangat tidak nyaman. 

tips susah tidur


Cara Cepat Tidur Terbukti Ampuh
Berlatih Napas
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa berlatih teknik pernafasan dapat mengurangi stress, otot tegang dan  menormalkan tekanan darah. Berdasarkan seorang dokter lulusan Harvad, bernama Andrew Weil menjelaskan bahwa Bernafas sangat memperngaruhi fisiolofi dan proses berpikir seseroang. Bukan hanya proses berpikir, tetapi juga mempengaruhi suasana hati. Bengan hanya memfokuskan perhatian anda dan pernapasan tanpa mengubah apa-apa, maka anda telah bergerak atau melakukan relaksari. Bernapaslah selama empat detik, tahan napas selama tujuh detik kemudian hebuskan selama delapan hitungan. Berlatih nafas seperti ini menjelang tidur dapat membantu anda cepat tidur atau terlelap tidur. (Dilansir The Sydney Morning Herald, Minggu 31/5/2015)
Keluar Kamar dan Cari Ruangan yang Berbeda
Saat orang sulit tertidur, dia lebih memilih untuk menunggu di kamar sambil berpikir bahwa nanti akan bosan sendiri lalu akhirnya tertidur. Tetapi faktanya orang tersebut bertambah sulit untuk tertidur. Hal ini bisa disebabkan karena merasa cemas atau ada sesuatu yang anda pikirkan dengan keras. Maka jika anda  mengalami ini, Disarankan anda jangan tetap berbaring di kamar, akan tetapi anda harus keluar kamar, cari ruangan yang berbeda untuk memperoleh suasana yang lebih nyaman untuk beberapa menit kemudian kembali tidur.
Rubah Posisi Bantal
Jika anda sulit tidur, maka anda bisa mencoba merubah posisi bantal anda atau membalik bantal anda ke arah atau posisi yang lebih nyaman.
Jaga Kesegaran Udara Kamar
Usahakan udara kamar anda segar dan baik. Sangat baik jika kamar anda memiliki fentilasi udara yang baik. Jika perlu gunakan alat pembersih udara. Disarankan gunakan aromaterapi yang dapat membuat anda lebih tenang dan cepat tertidur.
Batasi Waktu Tidur Siang Anda
Jangan terlalu lama tidur siang. Batasilah tidur siang anda.

Jika cara di atas belum cukup maka anda bisa menggunakan tips di bawah ini:
hindari rokok dan kopi agar cepat tidur
Saat di tempat tidur, lengkungkan jari kaki anda beberapa detik  karena hal ini bira merelaksasikan tubuh anda.
Secara cara di atas, masih ada cara yang bisa anda lakukan yaitu berbaring terlentang di atas tempat tidur dengan lampu temaram dengan mata terbuka tanpa televisi, tanpa posel yang menyala serta tanpa buku. Karena posisi tubuh seperti ini bisa memberikan sinyal yang kuat kepada otak kita agar segera beristirahat. Cara ini diungkapkan oleh Studi Wiseman yang telah dipelajari oleh University of Glaslow di Inggris. Di dalam survey tersebut sebanyak 34 responden yang memiliki penyakit insomnia akut telah melakukan cara ini agar cepat tertidur. 
Jangan mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur. Jika anda merasa lapar maka disarankan makan makanan kecil saja. Lebih baik mengkonsumsi sedikit buah sebelum tidur jika anda merasa lapar. Selain itu hindari mengkonsumsi kopi dan merokok sebelum tidur.





Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 6:53 AM