Tuesday, October 4, 2016

Pengertian dan Jenis Narkoba yang Kamu Harus Tau



Pengertian dan jenis narkoba

  Pengertian dan Jenis Narkoba, Kita ini guys (termasuk mimin) adalah generasi penerus bangsa. Generasi hebat yang sudah maju dengan teknologi di zamannya. Kemajuan teknologi ini membuat semua terasa mudah. Mau ngapa-ngapain enak. Kalo dulu belanja baju mesti keliling pasar dulu, sekarang udah bisa online lewat smartphone atau komputer, tinggal pilih barang mana yang diinginkan, langsung klik, transfer uang, barang pun sampai kerumah, tanpa perlu lelah mencari-cari di pasar atau toko baju. Kalo dulu mau naik ojek mesti ke pangkalan ojek yang jauh dari rumah, sekarang udah ada ojek online, dengan satu klik dari handphone, ojek langsung menghampiri kita dan kita siap diantar kemana saja. Semua udah serba online guys, mulai dari sistem perkuliahan, delivery makanan, bikin ktp, sampai bayar listrik dan air juga sistem online. Sekarang jaman udah canggih, udah ga ketulungan berapa banyak anak-anak muda sekarang yang bisa bikin robot-robot yang notabene bisa dipake untuk membantu kegiatan sehari-hari manusia. Kecerdasan generasi sekarang emang gak kebendung lagi dah pokoknya. 


Nah, kemajuan yang generasi kita alami juga gak lepas dari yang namanya kemunduran moral. Ada dampak positif pasti ada dampak negatif. Banyak oknum-oknum yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk ngelakuin hal-hal buruk dan merusak remaja-remaja kita. Oknum-oknum tersebut menyebarkan konten-konten yang bisa merusak para remaja sehingga handphone (salah satu contoh teknologi) yang harusnya dipake untuk hal-hal yang berguna seperti browsing bahan pelajaran, foto-foto pemandangan, menonton video peristiwa-peristiwa menakjubkan, justru kini dibalik esensi penggunaanya untuk browsing hal-hal aneh yang gak penting, liat foto-foto yang senonoh, posting tulisan-tulisan yang rasis, menghina kelompok lain, menyindir dan membully teman sendiri, menonton video-video porno, dan keburukan-keburukan lainnya yang gak bisa mimin urai satu persatu karena terlalu panjang (hehehe). 

“Lah min, terus hubungannya teknologi ama narkoba apa to min? Ko dari tadi ngomongin kecanggihan teknologi mulu!”. Wah mimin udah diprotes nih ngomongnya rada belok dikit. Tapi ada hubungannya dong, antara kemajuan teknologi dengan narkoba. Maraknya perdagangan narkoba dan transaksi narkoba gak lepas dari yang namanya teknologi. Lah kalo gak ada teknologi seperti handphone dan komputer trus mereka transaksi pake apa coba? (mikir kan kalian ! hehehehe). Sekarang udah zaman media sosial. Facebook, path, twitter, periscope, dan media sosial lainnya digunakan untuk perdagangan dan transaksi narkoba selain via telepon atau sms. Wilayah perdagangan mereka sudah lebih luas, lebih bebas. Selain itu, bisa juga pake aplikasi chatting seperti BBM, whatsapp, Line, dsb. Semua itu harus bin kudu pake yang namanya gadget baik berupa handphone, tablet, notbuk, laptop, atau sejenisnya. Nah itu tadi yang mimin bilang dengan penyalahgunaan gadget. Gadget yang seharusnya bisa digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat justru sebaliknya, digunakan untuk hal-hal yang tidak ada manfaat sama sekali, malah lebih banyak ruginya seperti transaksi perdagangan narkoba.

Inget ya Guys, narkoba merupakan salah satu yang juga merusak masa depan seseorang, masa depan generasi kita ! masa depan kita ! dan membuat kemunduran moral para remaja. Narkoba inilah yang menjadi musuh para generasi kita karena sifat keingintahuan dan ingin mencoba kita masih sangat tinggi. Oleh karena itulah, sasaran dari pengedar narkoba adalah GENERASI MUDA. Awalnya cuma coba-coba karena rasa ingin tahu tersebut, tapi karena ketagihan, yang tadinya cuma pemakai justru bertambah profesi jadi Pengedar atau bahkan Bandar Narkoba. Dengan rusaknya generasi kita akibat narkoba, maka dapat menyebabkan hancurnya masa depan bangsa atau negara. 

Sebab yang paling fatal kenapa para remaja kita begitu bebas dan mudah mengakses itu semua, ya karena itu tadi, kemudahan mereka mengakses dan bertransaksi dengan para pengedar narkoba hanya dengan gadgetnya, yang kebanyakan dari para orang tua gak tau kalo sebenarnya anaknya udah jadi sasaran gembong narkoba. Orang tua kecolongan karena mungkin kurangnya pengetahuan tentang teknologi sehingga mereka tidak tahu bahwa anak mereka sedang diincar dan dirusak masa depannya secara perlahan. Betapa mirisnya mimin dan kita sebagai bangsa Indonesia. 

Oiya, narkoba sendiri merupakan singkatan dari Narkotika dan Bahan adiktif. Untuk kalian yang merasa remaja, wajib baca artikel ini karena mimin akan mengupas sedikit apa sih narkoba dan jenis-jenis narkoba. Let’s check yaa!

PENGERTIAN NARKOTIKA

Disadur dari sumber  asiabrain.com, kata Narkotika berasal dari bahasa Yunani, dari kata Narkotic yang artinya obat bius. Kata narcotic adalah turunan dari kata narkan yang artinya menjadi kaku. Istilah lainnya adalah narcoticum atau obat tidur. Dapat disimpulkan bahwa narkotika merupakan bahan atau obat yang berasal dari tanaman atau bahan tanaman baik sintesis atau semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran.

Didalam dunia kedokteran sendiri disebut narcose/narcosis yang dapat diartikan sebagai pembius dan digunakan dalam proses pembedahan. Narkotika jenis ini hanya boleh digunakan dibawah pengawasan dokter karena narkotika terkandung zat yang dapat mempengaruhi kerja sistem saraf.  Penyalahgunaan narkoba ini guys merupakan penggunaan obat-obatan yang dilakukan tidak sesuai dengan aturannya, misal pemakaian obat secara terus menerus, atau kadang-kadang tetapi digunakan secara berlebihan atau tidak mengikuti petunjuk dokter, misalnya dicampur alkohol atau dicampur dengan morphine yang justru menyebabkan kematian.


JENIS NARKOBA
                      
 Narkoba dibagi dalam 3 jenis :
1.        Narkotika
2.        Psikotropika
3.        Zat adiktif lainnya

Dalam Undang-Undang RI sendiri istilah Narkotika terdapat dalam UU Nomor 22 tahun 1997.  Disebutkan bahwa Narkotika merupakan zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan, atau ketagihan yang sangat berat.


JENIS NARKOBA
PEGERTIAN DAN CONTOH
Narkotika golongan I
     Merupakan narkotika yang paling berbahaya, daya adiktif sangat tinggi menyebabkan ketergantungan. Tidak dapat digunakan untuk kepentingan apapun, kecuali untuk penelitian atau ilmu pengetahuan. Contoh : ganja, morphine, putauw adalah heroin tidak murni berupa bubuk
Narkotika golongan II
Merupakan  narkotika yang memilki daya adiktif kuat, tetapi bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian.Contoh : petidin dan turunannya, benzetidin, betametadol.
Narkotika golongan III
      Merupakan narkotika yang memiliki daya adiktif ringan, tetapi dapat bermanfaat untuk pengobatan dan penelitian.Contoh : codein dan turunannya







Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 5:23 AM