Sunday, January 22, 2017

Gejala Fobia Sosial




Guys !!! Dari begitu banyaknya jenis-jenis fobia yang menyerang manusia, salah satunya adalah fobia sosial atau Society Anxiety Disorder (SAD). Fobia ini merupakan salah satu di antara jenis gangguan kecemasan (neurosis-cemas) dengan gejala utama perasaan takut yang disertai keinginan untuk menghindar. Penyakit ini dikenal sejak tahun 1960 dan sebelumnya diagnosis tentang fobia sosial masih belum banyak dibuat. Penyebab tentang fobia sosial ini juga belum banyak diketahui. Fobia sosial termasuk gangguan kejiwaan nomor tiga setelah gangguan penyalahgunaan zat (substance abuse) dan gangguan depresi berat. 


Mengenai fobia sosial ini guys, mimin juga punya seorang teman yang kalo mimin liat-liat nih dari gejala yang tampak sepertinya dia ini mengalami fobia sosial. Saat di keramaian dia selalu merasa cemas, (sok tau nih mimin ahh!). Yeee, kan kelihatan dari mimik wajah kalau ada seseorang lagi merasa ketakutan, gelisah, cemas dan nama lainnya. Nah, mimin liat gejala kecemasan itu di wajah teman mimin kalo dia lagi berada di keramaian, (mimin serem ihh, selalu ngikutin dia mulu kemana dia pergi!).  Maksudnya itu, saat mimin ama dia kumpul bareng bersama teman-teman dalam suatu acara atau saat kami bertemu dengan seseorang dijalan. Sebenarnya saat kami kuliah bareng juga dia selalu menunjukkan gejala-gejala itu. Apalagi jika perhatian orang lain mengarah ke arah dia, dia akan berusaha untuk mencoba menghindar. Dia juga ngerasa kesulitan jika bertemu atau berhadapan dengan orang yang baru dia kenal. Wajahnya menunjukkan ketakutan, tangannya berkeringat dan dingin, trus pas mimin nanya dia kenapa, dia bilang perutnya mules dan otot bahunya tiba-tiba menegang. (aduhh, kasihan yaa min....). Nah oleh karena itu, mimin coba cari tahu gejala seperti apa itu sebenarnya, dan akhirnya mimin ketemu deh jawaban apa yang sebenarnya terjadi dengan teman mimin itu. Alhasil, setelah mimin mengarungi lautan dan samudra, berkelana ke berbagai negeri mencari bola sakti (hahahah, kayak kartun dragon ball dong min!!) ternyata teman mimin itu terkena fobia sosial. Ini sih baru prediksi mimin aja yaa guys, kalau pemeriksaan klinisnya mah belum dilakukan.

DEFINISI

Fobia ini menganggu banget guys. Menganggu kehidupan sosial kita. Menurut International Classification of Disease (ICD) 10 dan Diagnostic and Statistical Manual mental Disorder Mental Disorder (DMS) IV serta Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDG) II memberi definisi fobia sosial berdasarkan gejala-gejala yang ditimbulkan, meliputi perasaan takut sehubungan dengan prediksi (ramalan) akan timbulnya rasa malu sebagai reaksi pada saat menghadapi objek, aktivitas, atau situasi tertentu, misalnya :
-       Menggunakan telepon umum, atau menelepon seseorang yang belum dikenal baik
-       Makan atau minum di tempat umum, atau bila buang air kecil pada fasilitas umum
-       Tampil dan berbicara di depan umum
-       Menghadiri pesta dan tempat ramai
-       Menulis atau mengerjakan sesuatu dan pada saat yang bersamaan diawasi oleh orang lain
-       Berhadapan muka dengan orang yang asing dan tak dikenal sebelumnya
-       Bila memasuki ruangan, didalam ruangan tersebut telah banyak orangnya.
-       Bila harus mengemukakan ketidaksetujuannya.
-       Kondisi tersebut akan menimbulkan rasa takut sehinga dalam kehidupan nyata, individu tersebut lebih baik menghindar.

Kondisi tersebut menimbulkan rasa takut sehingga dalam kehidupan nyata, individu tersebut lebih baik menghindar. Prediksi akan timbulnya rasa malu, akan menimbulkan rasa takut, yang disertai dengan perasaan ingin menghindar, wajah menjadi merah dan panas, debaran jantung yang bertambah cepat, disertai dengan gejala kesemutan, keringat dingin, rasa tak enak perut, otot di daerah pundak yang terasa tegang dan kerongkongan menjadi kering.

Fobia ini mengganggu perkembangan psikologis, pendidikan, pekerjaan, kemampuan membina relasi, atau pencapaian tujuan hidup. Penderita sosial sering menderita angguan psikiatri lainnya seperti depresi, gangguan makan, atau gangguan penyalahgunaan zat.

PENYEBAB

Menurut terapipsikologi.com, terdapat faktor-faktor penyebab fobia sosial menurut para ahli yaitu :

1.   Psikologis Kejiwaan
Penyebab utama fobia ini adalah kondisi psikologis kejiwaan penderita. Orang yang mengalami fobia sosial biasanya adalah orang yang merasa dirinya rendah, tidak percaya diri, bermental lemah, dan takut akan penolakan terhadap dirinya sendiri.
2.   Genetik
Fobia ini juga dapat disebabkan oleh genetik yang didapat dari keluarga. Sebuah penelitian di Shanghai, Cina, mengemukakan bahwa keturunan dari keluarga yang memiliki riwayat fobia sosial memiliki presntase besar mengidap fobia sosial juga. Hal ini diakibatkan oleh tidak stabilnya hormon 5-hidroxytryptamine, yaitu hormon yang bertugas untuk menyampaikan informasi ke sel-sel otak
3.   Trauma Masa Lalu
Penyebab fobia sosial lainnya adalah trauma masa lalu yang sangat membekas dipikiran. Biasanya terjadi suatu kejadian yang buruk pada kehidupan sosial di masa lalu yang akhirnya memberi luka pada hati dan pikirannya. Luka ini kemudian membuat was-was dan takut saat akan bersosialisasi dengan orang lain.
4.   Karakter dan Pribadi Masing-Masing Orang
Penyebab fobia sosial yang terakhir adalah karena hal tersebut merupakan karakter dan pribadi orang tersebut. Ada orang yang memang suak bersosialisasi dengan orang lain, tetapi ada juga orang yang merasa takut bersosialisasi dengan orang lain, contohnya introvert.

Admin
Kesehatan Pria Dan Wanita Updated at: 4:56 AM